RANCANG BANGUN GAME RPG DENGAN JUDUL “PETUALANGAN RYAN DI ARITMATOPIA” BERBASIS RPG MAKER MV DENGAN METODE FINITE STATE MACHINE

Ma’ruf, M. Anang (2024) RANCANG BANGUN GAME RPG DENGAN JUDUL “PETUALANGAN RYAN DI ARITMATOPIA” BERBASIS RPG MAKER MV DENGAN METODE FINITE STATE MACHINE. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of T.Informatika_SKRIPSI_23420003_Anang - M. Anang ma'ruf.pdf] Text
T.Informatika_SKRIPSI_23420003_Anang - M. Anang ma'ruf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Game "Petualangan Ryan di Aritmatopia" merupakan sebuah permainan petualangan di mana pemain akan mengendalikan karakter seorang pahlawan. Ceritanya berfokus pada seorang mahasiswa yang di kirim di dunia pararel atau di sebut (Aritmatopia).
Rancang bangun game ini menggunakan aplikasi RPG Maker MV, dengan penerapan kecerdasan buatan berbasis Finite State Machine (FSM). FSM digunakan untuk mengatur perilaku karakter Non Playable Character (NPC), yang merupakan karakter yang bergerak dengan bantuan kecerdasan buatan untuk mendukung kelancaran permainan. Karakter pendukung cerita menggunakan tiga hal utama, yaitu Keadaan, Kejadian, dan Aksi.
Melalui pengujian yang dilakukan, kecerdasan buatan FSM pada game "Petualangan Ryan di Aritmatopia" memungkinkan karakter NPC mengenali pilihan yang dibuat oleh pemain, menentukan aksi selanjutnya. Hasil dari penelitian ini berhasil membangun sebuah game RPG berjudul “Petualangan Ryan di
Aritmatopia” yang bermekanisme Finite State Machine, Dengan game RPG “Petualangan Ryan di Aritmatopia” pemain dapat mengenal salah satu cerita dari sebuah seri novel ringan Jepang.
========================================================================================================================
The game "Ryan's Adventure in Aritmatopia" is an adventure game where players control the character of a hero. The story focuses on a college student sent to a parallel world called (Aritmatopia).
The design and development of this game use the RPG Maker MV
application, with the implementation of artificial intelligence based on the Finite State Machine (FSM) method. FSM is used to manage the behavior of NPCs (Non Playable Characters), which are characters that move with the help of artificial intelligence to support the smooth gameplay. The supporting characters in the story use three main elements: States, Events, and Actions.
Through testing, the FSM-based artificial intelligence in the game "Ryan's Adventure in Aritmatopia" allows NPCs to recognize the choices made by players and determine the subsequent actions. The results of this research successfully built an RPG game titled "Ryan's Adventure in Aritmatopia" with a Finite State Machine mechanism. With the RPG game "Ryan's Adventure in Aritmatopia," players can get to know one of the stories from a Japanese light novel series.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Game adventure, Petualangan Ryan, Finite State Machine, RPG Maker MV Adventure Game, Ryan's Adventure, Finite State Machine, RPG Maker MV
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 08 Oct 2024 05:04
Last Modified: 08 Oct 2024 05:04
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/614

Actions (login required)

View Item
View Item