Pangestu, Keny Alfi (2024) RANCANG BANGUN SISTEM CHATBOT PELAYANAN AKADEMIK DI UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SIDOARJO MENGGUNAKAN WHATSAPP GATEWAY. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
Keny_23420014_TIF - Keny Alfi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Sistem Chatbot merupakan aplikasi perangkat lunak yang dirancang untuk berinteraksi dengan pengguna melalui antarmuka percakapan berbasis teks atau suara. Tujuan utama dari pengembangan Chatbot adalah untuk memberikan pengalaman interaktif yang efisien dan responsif, baik dalam layanan pelanggan, asisten virtual, maupun aplikasi lainnya. Chatbot menggunakan teknologi kecerdasan buatan, termasuk pemrosesan bahasa alami dan pembelajaran mesin, untuk memahami dan menanggapi pertanyaan atau perintah dari pengguna.
Sistem ini dapat diintegrasikan dengan berbagai platform komunikasi seperti situs web, aplikasi mobile, dan media sosial, memungkinkan interaksi yang luas dan aksesibilitas yang tinggi. Implementasi Chatbot dalam berbagai bidang,
seperti e-commerce, pendidikan, kesehatan, dan perbankan, menunjukkan potensi besar dalam meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pengguna.
Penelitian ini bertujuan untuk membantu user untuk mencari beberapa informasi tentang hal-hal yang dibutuhkan dalam kehidupan dalam perkuliahan seperti tata cara pendaftaran, mengecek nilai KHS, pembayaran UKT dan lain sebagainya.
========================================================================================================================
Chatbot system is a software application designed to interact with users via a text or voice-based conversational interface. The main goal of Chatbot development is to provide an efficient and responsive interactive experience,
whether in customer service, virtual assistants, or other applications. Chatbots use artificial intelligence technology, including natural language processing and machine learning, to understand and respond to questions or commands from users.
This system can be integrated with various communication platforms such as websites, mobile applications, and social media, enabling broad interaction and high accessibility. The implementation of Chatbots in various fields, such as e
commerce, education, health, and banking, shows great potential in increasing operational efficiency and user satisfaction.
This research aims to help users find some information about things needed in college life such as registration procedures, checking KHS grades, UKT payments and so on.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Chatbot, Kecerdasan Buatan, Pelayanan Chatbot, Artificial Intelligence, Services |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 04:02 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 04:02 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/601 |