MEMBANGUN GAME EDUKASI MUSEUM DI JAWA TIMUR MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD)

Safalas, Suhadak (2022) MEMBANGUN GAME EDUKASI MUSEUM DI JAWA TIMUR MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD). Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of B34180056_SUHADAK_SAFALAS - Suhadak Safalas.pdf] Text
B34180056_SUHADAK_SAFALAS - Suhadak Safalas.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Game edukasi merupakan permainan yang dikemas untuk merangsang daya piker termasuk meningkatkan konsentrasi dan memecahkan masalah. Teknik pembelajaran interaktif yang efektif bagi anak usia dini memiliki rasa ingin tahu tang tinggi terhadap semua yang berada di lingkungan sekitarnya. Game atau permainan adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius dengan tujuan Refreshing. Bermain game sudah dapat dikatakan dengan life stylemasyarakat kini. Dimulai dari usia anak-anak hingga dewasa pun menyukai vidio game.
Penelitian ini menggunakan metode RAD (Rapid Application
Development). Metodologi yang diterapkan untuk membuat aplikasi game edukasi ini yaitu menggunakan tenik pengumpulan data yang dibutuhkan untuk penelitian. Tujuan dari digunakannya metode ini yaitu memberikan sebuah sistem
untuk memenuhi harapan dari pengguna, tetapi sering kali pada saat melakukan pengembangan sebuah sistem tidak melibatkan pengguna sistem tersebut secara langsung, sehingga dapat menyebabkan sistem yang dibuat tidak digunakan bagi para para penggunanya bahkan menolak untuk memakainya. Berdasarkan hasil dari analisa dan pembuatan sistem yang telah dikerjakan pada bab sebelumnya, maka tahap selanjutnya yaitu pembahasannya. Tahap uji coba merupakan suatu tahap dimana sistem siap dioperasikan pada keadaan yang sebenarnya, dari sini kita akan mengetahui apakah sistem yang dibuat benar-benar dapat menghasilkan tujuan seperti yang diharapkan.
========================================================================================================================
Educational games are games that are packaged to stimulate the mind, including increasing concentration and solving problems. Interactive learning techniques that are effective for early childhood have a high curiosity about all who are in the surrounding environment. Game or game is something that can be played with certain rules so that there are winners and losers, usually in a non serious context with the aim of Refreshing. Playing games can be said with the
lifestyle of today's society. Starting from the age of children to adults also like video games.
games.
This research uses the RAD (Rapid Application Development) method. The methodology applied to make this educational game application is to use the data collection techniques needed for research. The purpose of using this method is to provide a system to meet the expectations of users, but often when developing a system it does not involve the users of the system directly, so that the system created is not used for its users and even refuses to use it. Based on the
results of the analysis and system creation that has been done in the previous chapter, the next stage is the discussion. The trial stage is a stage where the system is ready to operate in the actual state, from here we will find out whether the system created can actually produce the expected goals.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Construct2, Game Edukasi, Game Museum Construct2, Game Edukasi, Game Museum
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 05 Dec 2023 02:24
Last Modified: 01 Mar 2024 03:16
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/449

Actions (login required)

View Item
View Item