RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PENGENALAN HEWAN DAN BERHITUNG PADA BALITA BERBASIS ANDROID

Khusany, Roy Zulfan Abdir Rahman Al (2023) RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PENGENALAN HEWAN DAN BERHITUNG PADA BALITA BERBASIS ANDROID. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of SKRIPSI FIXX scan roy_opt - Royzulfan Abdirrahman-1.pdf] Text
SKRIPSI FIXX scan roy_opt - Royzulfan Abdirrahman-1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi telah memberikan pengaruh signifikan dalam pendidikan anak-anak, terutama melalui penggunaan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Dalam konteks ini, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah game edukasi berbasis Android yang
bertujuan untuk membantu balita dalam mempelajari pengenalan hewan dan konsep berhitung. Rancang bangun game ini didasarkan pada pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif, dengan menggunakan elemen visual dan audio yang menarik bagi anak-anak. Game ini memiliki beberapa fitur utama, termasuk pengenalan hewan, identifikasi suara hewan, pengenalan angka, dan latihan berhitung sederhana. Dalam tahap pengenalan hewan, balita akan diperkenalkan dengan berbagai jenis hewan melalui gambar dan suara yang
realistis. Mereka akan diajak untuk mengidentifikasi nama hewan dan mengenal suara yang dihasilkan oleh setiap hewan. Hal ini akan membantu meningkatkan keterampilan pengenalan visual dan pendengaran balita.
Selain itu, game ini juga menyediakan fitur pengenalan angka dan latihan berhitung sederhana. Balita akan diperkenalkan dengan angka-angka dasar melalui gambar dan suara. Mereka akan diajak untuk mengenali angka dan melakukan latihan berhitung sederhana, seperti penjumlahan dan pengurangan
dengan menggunakan elemen visual yang menarik.
Game ini dikembangkan menggunakan platform Android untuk
memungkinkan akses yang mudah dan luas bagi pengguna. Desain antarmuka yang sederhana dan ramah anak akan mempermudah balita dalam mengoperasikan game ini. Melalui penggunaan game edukasi ini, diharapkan balita dapat belajar dengan cara yang menyenangkan dan interaktif, meningkatkan kemampuan pengenalan hewan dan konsep berhitung mereka. Game ini juga dapat menjadi sarana interaksi antara anak dan orang tua pengasuh dalam mendukung perkembangan pendidikan anak.
========================================================================================================================
Technological developments have had a significant impact on children's education, especially through the use of mobile devices such as smartphones and tablets. In this context, this study aims to design and develop an Android-based
educational game that aims to help toddlers learn animal recognition and counting concepts. The design of this game is based on a fun and interactive learning approach, using visual and audio elements that appeal to children. This
game has several key features, including animal recognition, identification of animal sounds, number recognition, and simple counting exercises. In the animal introduction stage, toddlers will be introduced to various types of animals through realistic images and sounds. They will be invited to identify the names of animals and recognize the sounds each animal makes. This will help improve your toddler's visual and auditory recognition skills.
Apart from that, this game also provides number recognition features and simple counting exercises. Toddlers will be introduced to basic numbers through pictures and sounds. They will be invited to recognize numbers and do simple
arithmetic exercises, such as addition and subtraction using attractive visual elements.
This game was developed using the Android platform to allow easy and wide access for users. The simple and child-friendly interface design will make it easier for toddlers to operate this game. Through the use of this educational
game, it is hoped that toddlers can learn in a fun and interactive way, improving their animal recognition skills and counting concepts. This game can also be a means of interaction between children parents or caregivers in supporting children's educational development.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Balita, Pengenalan Hewan, Berhitung. Educational Games, Toddlers, Introduction To Animals, Counting.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 15 Nov 2023 08:59
Last Modified: 29 Feb 2024 05:31
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/313

Actions (login required)

View Item
View Item