Rohman, Ribut Aliwafa (2023) RANCANG BANGUN GAME KARAPAN SAPI SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN BUDAYA KARAPAN SAPI. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
Ribut Aliwafa Rohman_23419030_Teknik Informatika_RANCANG BANGUN GAME KARAPAN SAPI - Aliwafa Rohman.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Game karapan sapi adalah sebuah permainan untuk melestarikan budaya karapan sapi. Melihat perkembangan digital dan game online dewasa ini, game karapan sapi memiliki peran yang cukup baik dalam melestarikan budaya karapan sapi. Dengan menggunakan game ini akan lebih mengenal bagaimana permainan
karapan sapi dilakukan, dari mana karapan sapi berasal. Penelitian ini bertujuan untuk melestarikan budaya karapan sapi dengan basis game menggunakan aplikasi construct 2. Karakter pada game ini tersedia dalam bentuk karapan sapi dalam dua dimensi.
Dengan adanya kendala tersebut, maka dirancang suatu game
pembelajaran ilmu tajwid dari Construct 2 yang menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) yang meliputi beberapa tahap, yaitu menentukan kebutuhan proyek, membuat prototipe, rapid construction dan feedback, implementasi dan finalisasi produk. Melalui game ini diharapkan dapat memudahkan upaya pelestarian budaya karapan sapi khususnya di kalangan anak-anak dengan basis game meliputi bentuk gambar, suara, audio. Game ini memiliki level 3 dimana setiap levelnya memiliki perbedaan yaitu dari segi panjang
lapangan, banyaknya rintangan, banyaknya maksimal kecepatan dan banyaknya nyawa.
Dari penelitian yang dilakukan oleh penulis, game karapan sapi ini tidak membutuhkan banyak biaya. Penggunaan game ini juga sangat mudah khususnya anak-anak. Waktu yang diperlukan peneliti dalam merancang game karapan sapi adalah dua bulan.
========================================================================================================================
The cow race game is a game to preserve the cow race culture. Looking at digital developments and online games today, the bull race game has a pretty good role in preserving the bull race culture. By using this game, you will get to know more about how the game of Karapan Sapi is carried out, where does Karapan Sapi come from. This study aims to preserve the culture of bull races on a game basis using the construct 2 application. The characters in this game are available in the form of bull races in two dimensions.
Given these constraints, a tajwid science learning game from Construct 2 was designed that uses the Rapid Application Development (RAD) method which includes several stages, namely determining project needs, making prototypes, rapid construction and feedback, product implementation and finalization. Through this game, it is hoped that it can facilitate efforts to preserve the Karapan Sapi culture, especially among children with a game basis including images, sound, audio. This game has 3 levels where each level has differences, namely in terms of the length of the field, the number of obstacles, the maximum number of speeds and the number of lives.
From the research conducted by the author, this cow race game does not require a lot of money. The use of this game is also very easy, especially children. The time needed by researchers to design a bull race game is two months.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Game, Pembuatan Game Karapan Sapi. Web Game Application, Making a Bull Race Game, Web. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 08:53 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 05:31 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/312 |