RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PENGENALAN LAGU DAERAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Andriani, Nova Putri (2023) RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PENGENALAN LAGU DAERAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Nova Putri Andriani_23419025_Teknik Informatika_Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Lagu Daerah Sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya Untuk Siswa Sekolah Dasar - Nova Putri Andriani.pdf] Text
Nova Putri Andriani_23419025_Teknik Informatika_Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Lagu Daerah Sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya Untuk Siswa Sekolah Dasar - Nova Putri Andriani.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang sangat luas dengan berbagai
keanekaragaman budaya di dalamnya. Indonesia kaya akan bahasa, tercatat lebih dari 700 Bahasa Daerah yang dituturkan oleh masyarakat Indonesia. Bahasa sangat penting digunakan untuk berkomunikasi antara satu sama lain. Salah satu media untuk berkomunikasi adalah dengan lagu, banyak makna dan pesan yang ingin disampaikan dalam sebuah lagu. Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki lagu daerah yang beragam dan patut untuk dibanggakan.
Kurangnya pengenalan dan soasialisasi menjadi salah satu faktor lagu daerah semakin dilupakan apalagi setelah hadirnya media musik yang banyak menyita perhatian karena tersedia lagu-lagu modern. Dengan ini diperlukan media untuk menarik minat anak sebagai upaya pelestarian budaya sejak dini.
Kemajuan teknologi sangat membawa pengaruh terhadap anak, salah satunya adalah game. Disamping dampak negatif, game juga memiliki dampak positif yaitu dengan memanfaatkan game edukasi.
Pada penelitian ini dikembangkan game edukasi “Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Lagu Daerah Sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya Untuk Siswa Sekolah Dasar”. Perancangan game edukasi ini diharapkan dapat digunakan untuk melestarikan kebudayaan daerah dengan mengenalkan lagu
kepada anak-anak.
========================================================================================================================
Indonesia is a vast country with various cultural diversity in it. Indonesia is rich in languages, there are more than 700 regional languages spoken by the people of Indonesia. Language is very important to use to communicate with each
other. One of the media to communicate is with songs, many meanings and messages to be conveyed in a song. Every region in Indonesia must have a variety of folk songs and should be proud.
The lack of recognition and socialization is one of the factors in folk songs being increasingly forgotten, especially after the presence of music media that has
attracted a lot of attention because of the availability of modern songs. With this, media is needed to attract children's interest as an effort to preserve culture from
an early age.
Technological advances greatly affect children, one of which is games. Besides the negative impact, games also have a positive impact, namely by utilizing educational games.
In this study, an educational game was developed "Design and Build an Educational Game for Regional Song Recognition as a Media for Learning Cultural Arts for Elementary School Students". The design of this educational game is expected to be used to preserve regional culture by introducing songs to children.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Media Pembelajaran, Lagu Daerah Educational Games, Learning Media, Folk Songs
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 15 Nov 2023 08:46
Last Modified: 29 Feb 2024 05:30
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/311

Actions (login required)

View Item
View Item