RANCANG BANGUN GAME PENGENALAN JENIS-JENIS DAGING DI UD. PUSPA DHANI MENGGUNAKAN METODE WATERFALL PADA APLIKASI CONSTRUCT 2

Asyraf, Muizzadin (2023) RANCANG BANGUN GAME PENGENALAN JENIS-JENIS DAGING DI UD. PUSPA DHANI MENGGUNAKAN METODE WATERFALL PADA APLIKASI CONSTRUCT 2. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Muizzadin Asyraf_23419021_TIF_Rancang bangun game pengenalan jenis jenis daging - Muizzaddin Asyraf.pdf] Text
Muizzadin Asyraf_23419021_TIF_Rancang bangun game pengenalan jenis jenis daging - Muizzaddin Asyraf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun Game Edukatif Pengenalan Jenis-jenis daging menggunakan software Construct 2. Game ini dikembangkan sebagai media interaktif di UD. Puspa Dhani dengan tujuan mengenalkan kepada pelanggan jenis-jenis daging yang tersedia. Aplikasi Construct 2 dipilih sebagai platform pengembangan game karena antarmuka yang sederhana dan intuitif, memudahkan pengembang tanpa latar belakang teknis mendalam dalam pembuatan game. Metode pengembangan digunakan dalam
penelitian ini. Metode ini cocok karena tujuan penelitian adalah merancang dan membangun game pengenalan jenis-jenis daging di UD. Puspa Dhani menggunakan metode waterfall pada aplikasi Construct 2.
Hasil penelitian menunjukkan implementasi yang berhasil pada berbagai aspek game ini. Pertama, keberhasilan dalam menerapkan tampilan halaman
Splash Screen terlihat dari berhasilnya menampilkan logo permainan. sebelum memunculkan halaman menu utama. Kedua, tampilan menu utama menampilkan backsound musik dan lima tombol menu (Play, Quiz, Puzzle, About, dan Exit).
Ketiga, pada menu Play atau Materi, ditampilkan gambar sapi utuh yang merespon ketika player menekan salah satu bagian tubuh sapi pada gambar tersebut. Keempat, menu Quiz menyajikan pertanyaan terkait jenis daging untuk menguji pengetahuan player. Tampilan quiz dilengkapi dengan informasi waktu dan skor. Umpan balik visual diberikan setelah player memilih jawaban untuk setiap pertanyaan. Kelima, menu Puzzle menampilkan pilihan bagian hewan yang
sesuai, dengan puzzle yang tidak menempel dengan baik jika player salah meletakkan bagian sapi. Indikasi puzzle selesai ditandai dengan tanda centang hijau. Keenam, menu About berisi profil pembuat game pengenalan jenis-jenis daging dan tombol kembali ke menu utama.
Hasil penelitian ini menjelaskan implementasi berbagai tampilan dan fitur dalam game pengenalan jenis-jenis daging di UD. Puspa Dhani. Setiap menu dan fungsinya dijelaskan secara detail, termasuk tampilan Splash Screen, menu utama,
materi, quiz, puzzle, dan menu About. Berdasarkan hasil penelitian, aalisis, perancangan, dan implementasi, Game Pengenalan Jenis-Jenis Daging berhasil dibangun dan diuji, dan dapat dijalankan pada perangkat berbasis Android.
Meskipun masih memiliki beberapa kekurangan, game ini dapat digunakan sebagai media belajar alternatif untuk mengenal jenis-jenis daging.
========================================================================================================================
This research aims to design and build an Educational Game for Meat Types Recognition using Construct 2 software. This game is developed as an interactive medium at UD. Puspa Dhani with the goal of introducing the available meat types to customers. Construct 2 was chosen as the game development
platform due to its simple and intuitive interface, which facilitates developers without extensive technical background in game creation. The development method used in this research is the waterfall method. This method is suitable because the research objective is to design and build a meat types recognition game at UD. Puspa Dhani using the waterfall method in the Construct 2 application.
The research results show successful implementation in various aspects of this game. Firstly, the implementation of the Splash Screen page successfully displays the game logo before showing the main menu page. Secondly, the main menu page displays background music and five menu buttons (Play, Quiz, Puzzle, About, and Exit). Thirdly, in the Play or Material menu, a full image of a cow is displayed, which responds when the player presses a specific part of the cow's body in the image. Fourthly, the Quiz menu presents questions related to meat types to test the player's knowledge. The quiz interface includes time information
and score. Visual feedback is provided after the player selects an answer for each question. Fifthly, the Puzzle menu displays suitable animal parts options, with the
puzzle not fitting properly if the player places the cow's parts incorrectly. The completion of the puzzle is indicated by a green checkmark. Sixthly, the About menu contains the profile of the game creator for meat types recognition and a
button to return to the main menu.
The research results explain the implementation of various interfaces and features in the meat types recognition game at UD. Puspa Dhani. Each menu and its functions are explained in detail, including the Splash Screen, main menu,
material, quiz, puzzle, and About menu. Based on the research, analysis, design, and implementation, the Meat Types Recognition Game has been successfully built and tested and can be run on Android-based devices. Despite having someshortcomings, this game can be used as an alternative learning media to familiarize oneself with meat types.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Game, Pengenalan Daging, Metode Waterfall, Construct 2. Game, Meat Recognition, Waterfall Method, Construct 2.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 15 Nov 2023 08:20
Last Modified: 29 Feb 2024 05:28
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/308

Actions (login required)

View Item
View Item