RANCANG BANGUN SIMULASI PETUGAS PENDATAAN LAPANGAN REGISTRASI SOSIAL EKONOMI BERBASIS GAME

Ircham, Muhammad (2023) RANCANG BANGUN SIMULASI PETUGAS PENDATAAN LAPANGAN REGISTRASI SOSIAL EKONOMI BERBASIS GAME. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Muhammad Ircham_23419028_Teknik Informatika_RANCANG BANGUN SIMULASI PETUGAS PENDATAAN LAPANGAN REGISTRASI SOSIAL EKONOMI - Muhammad Ircham.pdf] Text
Muhammad Ircham_23419028_Teknik Informatika_RANCANG BANGUN SIMULASI PETUGAS PENDATAAN LAPANGAN REGISTRASI SOSIAL EKONOMI - Muhammad Ircham.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sebuah game simulasi yang membantu melatih petugas pendataan lapangan dalam melaksanakan tugas pendataan sosial ekonomi dengan lebih efektif. Game ini
dikembangkan dengan mempertimbangkan konsep permainan, cerita, aturan permainan, tingkat kesulitan, karakter, dan antarmuka yang sesuai dengan kebutuhan target audiens.
Metode pengembangan game menggunakan pendekatan desain berbasis permainan (game-based design) yang melibatkan langkah-langkah seperti menentukan konsep permainan, perancangan cerita, pemilihan platform,
pembuatan level, karakter, dan antarmuka. Selain itu, penelitian juga melibatkan pengujian dan evaluasi kuisioner untuk mengukur efektivitas game dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan petugas pendataan lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa game simulasi ini berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan petugas pendataan lapangan dalam melaksanakan tugas pendataan sosial ekonomi. Para petugas pendataan lapangan. pemula dan berpengalaman memberikan umpan balik positif terhadap pengalaman bermain game ini, menganggapnya sebagai alat yang bermanfaat untuk melatih keterampilan mereka dalam pengumpulan data dan memperdalam pemahaman konsep terkait pendataan lapangan registrasi sosial ekonomi.
========================================================================================================================
This study aims to design and implement a simulation game that helps train field data collection officers to carry out socio-economic data collection tasks more effectively. This game was developed taking into account the game concept,
story, game rules, level of difficulty, characters and interface to suit the needs of the target audience.
The game development method uses a game-based design approach that involves steps such as determining the game concept, story design, platform selection, level creation, characters, and interfaces. In addition, the research also
involved testing and evaluating questionnaires to measure the effectiveness of games in increasing the understanding and skills of field data officers.
The results showed that this simulation game succeeded in increasing the understanding and skills of field data collection officers in carrying out socio�economic data collection tasks. Beginner and experienced field enumerators gave positive feedback on the experience of playing the game, viewing it as a useful tool to practice their skills in data collection and deepen their understanding of concepts related to field data collection on socio-economic registration.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Game Simulasi, Regsosek, Petugas Pendataan Lapangan Simulation game, Regsosek, Field Data Officer
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 15 Nov 2023 06:03
Last Modified: 29 Feb 2024 05:26
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/306

Actions (login required)

View Item
View Item