Yusuf, Mohammad Ridwan (2023) RANCANG BANGUN GAME EDUKASI MATA PELAJARAN ASWAJA UNTUK SISWA KELAS IV DI MI MIFTAHUL ULUM MELIRANG GRESIK BERBASIS WEB. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
M.Ridwan Yusuf_23419036_Teknik Informatika_RANCANG BANGUN GAME EDUKASI MATA PELAJARAN ASWAJA UNTUK SISWA KELAS IV DI MIFTAHUL ULUM MELIRANG GRESIK BERBASIS WEB - M. Ridwan Yusuf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Aswaja adalah singkatan dari ahlussunnah wal jama'ah, yang merupakan golongan orang yang berdas teguh pada ajaran Nabi Muhammad saw., baik dalam perkataan, perbuatan, maupun diamnya. Ajaran ini termasuk dalam kurikulum lembaga pendidikan yang berada dalam naungan lembaga pendidikan ma'arif NU dan diberi nama aswaja/Ke-Nu-an. Game edukasi ini dibuat dengan tujuan agar siswa-siswi usia 6-11 tahun di lembaga pendidikan ma'arif NU dapat mempelajari materi aswaja/NU dengan cara yang menyenangkan. Fitur dalam game ini dirancang secara menarik agar anak-anak tidak merasa bosan saat belajar aswaja/NU. Metode penelitian yang digunakan adalah Rapid Game Prototyping, yang menggabungkan proses rekayasa perangkat lunak dengan metode desain game. Perancangan game ini menggunakan Unified Modeling Language (UML) untuk menjelaskan setiap kegiatan dalam game. Kesimpulannya, game edukasi ini memberikan pengajaran mengenai aswaja dan Ke-Nu-an melalui permainan yang interaktif.
========================================================================================================================
Aswaja stands for for ahlussunnah wal jama’ah, which represents a group of people who adhere firmly to the teachings of Prophet Muhammad, both in words, actions, and silence. This doctrine is included in the curriculum of
educational institutions under the auspices of ma'arif NU and is named aswaja/Ke�Nu-an. This educational game is created with the aim of enabling students aged 6-11 years in ma'arif NU educational institutions to learn about aswaja/NU in an enjoyable manner. The features in this game are designed to be engaging so that children do not feel bored while learning about aswaja/NU. The research method used for this educational game application is Rapid Game Prototyping, which combines software engineering processes with game design methods. The design of this game utilizes the Unified Modeling Language (UML) to explain each activity within the game. In conclusion, this educational game provides interactiveteaching about aswaja and NU through gameplay.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game, Edukasi, Aswaja/Ke-Nu-an, RPG Maker MV Game, Education, Aswaja/Ke-Nu-an, RPG Maker MV |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 04:07 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 05:21 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/301 |