Ubaidillah, Afif (2023) RANCANG BANGUN SIMULASI PENGUNJUNG MUSEUM MPU TANTULAR BERBASIS GAME. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
Afif Ubaidillah_23419001_T.Informatika_Rancang Bangun Simulasi Pengunjung Museum Mou Tantulat Berbasis Game - Afif Ubaidillah.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Game simulasi ini dirancang dengan tujuan untuk memberikan
pengalaman virtual yang edukatif dan menarik bagi pengguna dalam menjelajahi museum dan mempelajari koleksinya. Metode perancangan yang digunakan meliputi analisis kebutuhan pengguna, perancangan karakter dan antarmuka, serta implementasi kode dan pengujian. Dalam perancangan game simulasi ini, fokus diberikan pada penyajian informasi yang relevan, visualisasi yang menarik, dan fitur-fitur interaktif yang meningkatkan keterlibatan pengguna. Game simulasi ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan objek-objek dalam museum, memperoleh informasi detail, dan belajar tentang konteks historis atau budaya yang terkait. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah simulasi pengunjung Museum MPU Tantular berbasis game yang menyajikan pengalaman virtual yang menarik dan edukatif. Game simulasi ini memberikan alternatif bagi pengguna yang tidak memiliki kesempatan untuk mengunjungi museum secara langsung, serta
memberikan peluang akses yang lebih inklusif terhadap warisan budaya dan sejarah. Diharapkan bahwa penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan game simulasi untuk museum dan konteks edukasi lainnya. Melalui penggabungan antara teknologi dan pendidikan, peta interaktif ini dapat menjadi sarana yang efektif dalam memperkenalkan dan mempromosikan museum serta meningkatkan pemahaman dan kepedulian terhadap warisan budaya dan seni.
========================================================================================================================
This simulation game was designed with the aim of providing an educational and engaging virtual experience for the user in exploring the museum and learning about its collections. The design method used includes analysis of user needs, character and interface design, as well as code implementation and testing. In designing this simulation game, the focus is on presenting relevant information, attractive visualizations, and interactive features that increase user engagement. This simulation game allows users to interact with objects in the museum, obtain detailed information, and learn about the associated historical or
cultural context. The result of this study is a game-based simulation of visitors to the MPU Tantular Museum which presents an interesting and educative virtual experience. This simulation game provides an alternative for users who do not have the opportunity to visit museums in person, as well as providing opportunities for more inclusive access to cultural and historical heritage. It is hoped that this research can contribute to the development of simulation games for museums and other educational contexts. Through the combination of technology and education, this interactive map can be an effective tool in introducing and promoting museums and increasing understanding and awareness
of cultural and artistic heritage.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Simulasi, Museum Mpu Tantular, Game, Construct 2. Simulation, Mpu Tantular Museum, Games,Construct 2. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 04:32 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 04:59 |
URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/290 |