EVALUASI PENERAPAN ELEKTRONIK LEARNING (E-LEARNING) UNUSIDA MENGGUNAKAN METODE TECHONOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Alfarizhi, Mochamad Hamdan (2023) EVALUASI PENERAPAN ELEKTRONIK LEARNING (E-LEARNING) UNUSIDA MENGGUNAKAN METODE TECHONOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM). Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of Mochamad Hamdan Alfarizhi_21419008_Sistem Informasi_EVALUASI PENERAPAN ELEKTRONIK - Mochamad Hamdan Alfarizhi.pdf] Text
Mochamad Hamdan Alfarizhi_21419008_Sistem Informasi_EVALUASI PENERAPAN ELEKTRONIK - Mochamad Hamdan Alfarizhi.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat penerimaan pengguna terhadap e-learning Unusida yang dikembangkan untuk memenuhi visi & misi Unusida dengan menyediakan sarana pembelajaran berbasis online. E-learning Unusida menggunakan Moodle sebagai Sistem Manajemen Kelas (Learning Management System). Dalam penggunaan e-learning di Unusida ditemukan kendala yakni belum adanya evaluasi penerimaan pengguna terhadap e-learning.
Penelitian ini menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) sebagai kerangka kerja analisis. Model TAM ini menganalisis nilai kebermanfaatan, kemudahan penggunaan, dan penerimaan sebagai variabel penelitian. Sampel penelitian terdiri dari 100 mahasiswa. Data yang diperlukan dikumpulkan melalui kuesioner terkait persepsi dan pengalaman pengguna dalam menggunakan e-learning Unusida. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan PLS-SEM (Partial Least Squares Structural Equation Modeling) dengan bantuan alat analisis SmartPLS 3.0.
Berdasarkan hasil dari perhitungan yang telah dilakukan pada variabel kemudahan pengguna, nilai variabel kebermanfaatan, dan variabel penerimaan yang didapatkan hasil bahwa mayoritas mahasasiwa setuju dan merasakan implementasi variabel tersebut pada e-learning Unusida. Didapatkan hipotesis pada penelitian ini yaitu ditemukan bahwa pengaruh kemudahan pengguna terhadap penerimaan, pengaruh kemudahan pengguna terhadap kebermanfaatan pengaruh kemudahan pengguna terhadap penerimaan memiliki nilai T-test di atas 1,96 dan tingkat signifikasi dibawah 5% sehingga dari ketiga hipotesis tersebut diterima.
========================================================================================================================
This research aims to evaluate the level of user acceptance of the Unusida e-learning platform developed to fulfill the vision and mission of Unusida by providing online-based learning facilities. Unusida's e-learning utilizes Moodle as
its Learning Management System. In the use of e-learning at Unusida, a constraint was identified: the lack of user acceptance evaluation towards e-learning.
The Technology Acceptance Model (TAM) is employed as the analytical framework for this study. The TAM model assesses the variables of perceived usefulness, ease of use, and acceptance. The research sample consists of 100 students. Data required for the study was collected through questionnaires related to users' perceptions and experiences in using Unusida's e-learning platform. To analyze the data, the researchers utilized PLS-SEM (Partial Least Squares Structural Equation Modeling) with the aid of the SmartPLS 3.0 analysis tool.
Based on the results of the calculations performed on the variables of ease of use, perceived usefulness, and acceptance, it was found that the majority of students agreed with and experienced the implementation of these variables in Unusida's e-learning platform. The hypotheses tested in this research conclude that there is a significant influence of ease of use on acceptance, ease of use on
perceived usefulness, and ease of use on acceptance, with T-test values above 1.96 and a significance level below 5%. Thus, all three hypotheses are accepted.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-learning, PLS-SEM, Technology Acceptance Model E-learning, PLS-SEM, Technology Acceptance Model.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:46
Last Modified: 29 Feb 2024 04:10
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/274

Actions (login required)

View Item
View Item