PENGARUH METODE BERMAIN BERBURU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 SDN PEPE

Lailatus, Sa'adah (2025) PENGARUH METODE BERMAIN BERBURU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 SDN PEPE. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of PGSD_42421063_Lailatus Sa'adah_Pengaruh Metode Bermain Berburu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SDN Pepe - Its My akun.pdf] Text
PGSD_42421063_Lailatus Sa'adah_Pengaruh Metode Bermain Berburu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SDN Pepe - Its My akun.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Bermain Berburu Huruf terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 SDN Pepe dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Latar belakang penelitian ini adalah masih ditemukannya beberapa siswa disekolah SDN Pepe yang belum bisa membaca sedangkan sekolah tersebut sudah menerapkan sekolah literasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimen jenis one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 29 siswa kelas 1A. Teknik pengumpulan data menggunakan tes membaca yang dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan. Data dianalisis menggunakan uji normalitas dan paired sample t-test dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan membaca siswa setelah diterapkan metode Bermain Berburu Huruf. Rata-rata skor meningkat dari 53,03 (pretest) menjadi 85,00 (posttest). Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara perlakuan dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, metode Bermain Berburu Huruf efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas awal secara menyenangkan, interaktif, dan sesuai perkembangan anak.
========================================================================================================================
This study aims to determine the effect of the "Letter Hunting Game" method on the reading ability of first-grade students at SDN Pepe in Indonesian language subjects. The background of this research that there are still several students at Pepe Elementary School who cannot read, even though the school has implemented a literacy school. This research uses a quantitative approach with a pre experimental design of the one-group pretest-posttest model. The subject consisted of 29 students from class 1A. Data were collected using reading tests conducted before and after the treatment. Data analysis was carried out using normality tests and paired sample t-tests with the help of SPSS software. The results showed a significant increase in students' reading ability after applying the Letter Hunting Game method. The average score increased from 53.03 (pretest) to 85.00 (posttest). The t-test results showed a significance value of 0.000 (p < 0.05), indicating a significant difference between the pretest and posttest results. Therefore, the Letter Hunting Game method is effective in improving the reading ability of early-grade students in a fun, interactive, and developmentally appropriate manner.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bermain Berburu Huruf, Kemampuan Membaca, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Siswa Kelas 1, Kuantitatif Keywords: Letter Hunting Game, Reading Ability, Indonesian Language Learning, First Grade Students, Quantitative
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 04 Dec 2025 08:24
Last Modified: 04 Dec 2025 08:24
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/927

Actions (login required)

View Item
View Item