PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WORDWALL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN BENTUK ENERGI KELAS IV SDN SUKO 1 SIDOARJO

Farizah, Ummu Shabrina (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WORDWALL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN BENTUK ENERGI KELAS IV SDN SUKO 1 SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of PGSD_42421049_Farizah Sabrina_Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Perubahan Bentuk Energi Kelas IV SDN Suko 1 Sidoarjo.pdf] Text
PGSD_42421049_Farizah Sabrina_Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Perubahan Bentuk Energi Kelas IV SDN Suko 1 Sidoarjo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dampak media pembelajaran berbasis Wordwall terhadap pemahaman konsep pada materi perubahan bentuk energi di kelas IV SDN Suko Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif Pre Eksperimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah tes. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling total, dengan jumlah sampel sebanyak 22 peserta didik yang berfungsi sebagai kelas eksperimen untuk penerapan media pembelajaran berbasis Wordwall. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan antara rata-rata nilai pretest (54) dan rata-rata nilai posttest (79), yang mengindikasikan perbedaan antara nilai pretest dan posttest. Selanjutnya, hasil uji Paired Sample T-test menunjukkan nilai signifikan (Sig.2-tailed) sebesar < 0,05 atau Sig 0,001 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, karena terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep pretest dan posttest. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Wordwall berpengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi perubahan bentuk energi di kelas IV SDN Suko 1 Sidoarjo.
========================================================================================================================
The purpose of this research is to examine the impact of Wordwall-based learning media on the understanding of concepts related to the material of energy transformation in the fourth grade at SDN Suko Sidoarjo. The method used in this study is quantitative Pre-Experimental with a One-Group Pretest-Posttest design. The data collection technique applied is testing. The sampling technique used is total sampling, with a sample size of 22 students serving as the experimental class for the application of Wordwall-based learning media. The results of the study indicate a significant increase between the average pretest score (54) and the average posttest score (79), which indicates a difference between the pretest and posttest scores. Furthermore, the results of the Paired Sample T-test show a significant value (Sig.2-tailed) of < 0.05 or Sig 0.001 < 0.05. Therefore, it can be concluded that the null hypothesis (Ho) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted, as there is a significant difference between the understanding of concepts in the pretest and posttest. Thus, it can be concluded that Wordwall-based learning media has an effect on students' understanding of concepts related to the material of energy transformation in the fourth grade at SDN Suko 1 Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Media Pembelajaran berbasis Wordwall, Pemahaman Konsep, Materi Perubahan Bentuk Energi. Keywords: Wordwall-Based Learning Media, Conceptual Understanding, Energy Transformation Material.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 04 Dec 2025 07:44
Last Modified: 04 Dec 2025 07:44
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/923

Actions (login required)

View Item
View Item