PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MATERI PENGUKURAN SATUAN PANJANG DI SDN SIDOKEPUNG 1

Dea, Ayu Pratiwi (2025) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MATERI PENGUKURAN SATUAN PANJANG DI SDN SIDOKEPUNG 1. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of PGSD_42421044_DEA AYU PRATIWI_PENGARUH PENDEKATAN PMRI - Dea Ayu Pratiwi.pdf] Text
PGSD_42421044_DEA AYU PRATIWI_PENGARUH PENDEKATAN PMRI - Dea Ayu Pratiwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sidokepung 1. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa masih banyak peserta didik yang belum mencapai ketuntasan hasil belajar yang diakibatkan karena kesulitan dalam memahami konteks soal cerita pada materi pengukuran, sehingga peserta didik kesulitan dalam menyelesaikan masalah pada soal cerita yang diakibatkan kurangnya rasa ingin tau dalam membaca. Maka dengan melakukan pendekatan PMRI untuk menambah variasi belajar menjadi lebih aktif. Penelitian ini dilakukan di SDN Sidokepung 1 tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia
(PMRI) terhadap hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas yang memperoleh hasil sig< 0,05, uji reliabilitas menujukkan jika lebih dari 0,70 maka data dikatakan reliabel dan konsisten. Uji normalitas dapat terlihat dari uji Shapiro-wilk diketahui nilai 0,003 <0,005 maka dapat dikatakan data tersebut tidak berdistribusi normal. Sehingga menggunakan uji hipotesis Wilcoxon untuk mengetahui pengaruh pendekatan PMRI terhadap hasil belajar. Uji Hipotesis menunjukkan nilai sig 0,000<0,005 maka adanya pengaruh pendekatan PMRI terhadap hasil belajar peserta didik yang ditinjau melalui hasil tes pretest dan posttes peserta didik dengan nilai rata-rata pretest sebesar 56,73 dan nilai rata-rata posttes sebesar 83,37.
========================================================================================================================
This research was conducted at SDN Sidokepung 1. This research was motivated by the fact that there are still many students who have not achieved complete learning outcomes due to difficulties in understanding the context of story questions in measurement materials, so that students have difficulty in solving problems in story questions due to a lack of curiosity in reading. So by using the PMRI approach
to add variation to learning to be more active. This research was conducted at SDN Sidokepung 1, the purpose of this study was to test the effect of the Indonesian
realistic mathematics education approach (PMRI) on student learning outcomes. The data collection technique used was a test. The data analysis technique in this study used a validity test that obtained a sig <0.05 result, the reliability test showed that if it was more than 0.70, the data was said to be reliable and consistent. The
normality test can be seen from the Shapiro-Wilk test, the value of 0.003 <0.005, it can be said that the data was not normally distributed. So using the Wilcoxon hypothesis test to determine the effect of the PMRI approach on learning outcomes. Hypothesis Test shows a sig value of 0.000<0.005, then there is an influence of the PMRI approach on student learning outcomes as reviewed through the results of the pretest and posttes of students with an average pretest value of 56.73 and an average posttes value of 83.37.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pendekatan PMRI, Hasil Belajar, Pengukuran Keywords: PMRI Approach, Learning Outcomes, Measurement
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 04 Dec 2025 07:20
Last Modified: 04 Dec 2025 07:20
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/922

Actions (login required)

View Item
View Item