PENGARUH MODEL PEBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI GELAM 1

Siti, Nur Maulidiah (2025) PENGARUH MODEL PEBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI GELAM 1. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of PGSD_42421027_SITI NUR MAULIDIAH_Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together Terhadap hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas V SDN Gelam 1 - Siti Nur Maulidiah.pdf] Text
PGSD_42421027_SITI NUR MAULIDIAH_Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together Terhadap hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas V SDN Gelam 1 - Siti Nur Maulidiah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gelam 1 Candi dengan latar belakang permasalahan berupa rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V SD Negeri Gelam 1 Candi. Melalui pendekatan kuantitatif yang ditandai dengan pengolahan data berbasis angka. Metode yang digunakan adalah jenis pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, dan analisis data menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS versi 26.0. Pengolahan data mencakup uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji t-test. Hasil uji normalitas menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,194 > 0,05, yang berarti data pretest dan posttest berdistribusi normal. Selanjutnya, uji t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi teks prosedur bagi peserta didik kelas V SD Negeri Gelam 1 Candi.
========================================================================================================================
This research was conducted at SD Negeri Gelam 1 Candi, based on the issue of low academic achievement among fifth-grade students. The aim of this study is to determine the extent to which the Numbered Heads Together (NHT) cooperative learning model influences the Indonesian language learning outcomes of these students. The study employs a quantitative approach, characterized by numerical data analysis. The research design is a pre-experimental type, specifically the One Group Pretest-Posttest Design. Data were collected through tests, and the analysis was performed using SPSS version 26.0. The analysis included tests for validity, reliability, normality, and a paired sample t-test. The normality test resulted in a significance value of 0.194 > 0.05, indicating that both the pretest and posttest scores were normally distributed. Furthermore, the t-test showed a significance value of 0.000 < 0.05, revealing a statistically significant difference between pretest and posttest results. These findings demonstrate that the Numbered Heads Together cooperative learning model has a significant positive effect on improving students’ Indonesian language learning outcomes, particularly in the procedural text material, among fifth-grade students at SD Negeri Gelam 1 Candi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Pembelajaran; Kooperatif; Tipe Numbered Heads Together; Hasil Belajar; Teks Prosedur, Bahasa Indonesia. Keywords: Cooperative Learning Model; Numbered Heads Together; Learning Outcomes; Procedural Text; Indonesian Language
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 04 Dec 2025 04:32
Last Modified: 04 Dec 2025 04:32
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/920

Actions (login required)

View Item
View Item