PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ASSEMBLR EDU PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI AKU MENGENAL INDONESIA KELAS 1 DI SD NEGERI SIDOKEPUNG 1

Cicik, Nur Fadhilah (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ASSEMBLR EDU PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI AKU MENGENAL INDONESIA KELAS 1 DI SD NEGERI SIDOKEPUNG 1. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of PGSD_42421024_Cicik Nur Fadhilah_Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Assemblr EDU Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Aku Mengenal Indonesia Kelas 1 Di SD Negeri Sidokepung 1 - cicik nur fadhilah.pdf] Text
PGSD_42421024_Cicik Nur Fadhilah_Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Assemblr EDU Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Aku Mengenal Indonesia Kelas 1 Di SD Negeri Sidokepung 1 - cicik nur fadhilah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi 3D menggunakan aplikasi Assemblr EDU pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila untuk peserta didik kelas 1 di SD Negeri Sidokepung 1. Pendidikan Pancasila memegang peranan penting dalam membentuk karakter peserta didik sebagai warga negara yang bertanggung jawab dan memiliki kesadaran kebangsaan. Namun, proses pembelajaran sering kali kurang efektif karena minimnya inovasi media pembelajaran, metode ceramah yang dominan, serta kurangnya keterlibatan peserta didik dalam proses belajar. Media pembelajaran AR dipilih karena memiliki kemampuan untuk memvisualisasikan konsep-konsep abstrak melalui elemen digital interaktif dalam dunia nyata dengan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Media pembelajaran ini tidak hanya memberikan pengalaman belajar yang inovatif, tetapi juga membantu guru untuk lebih meningkatkan interaksi peserta didik, membuat pembelajaran semakin menarik, sehingga dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran AR efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai nilai-nilai kebangsaan, seperti arti simbol Garuda Pancasila, semangat persatuan yang terkandung dalam bendera, dan lagu kebangsaan. Validasi ahli materi dan media menghasilkan tingkat validitas sebesar 91,27%, yang menunjukkan bahwa materi dan media pembelajaran AR tersebut sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Selain itu, uji coba yang dilakukan dengan peserta didik dan guru menghasilkan persentase kevalidan media pembelajaran AR sebesar 92,39% dari peserta didik dan 91,27% dari guru, yang menunjukkan bahwa media pembelajaran AR ini sangat baik, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan teknologi 3D sebagai inovasi pembelajaran dalam Pendidikan Pancasila untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital, serta membantu menanamkan rasa cinta tanah air dan pemahaman terhadap identitas bangsa sejak usia dini. Dengan demikian, pendekatan ini diharapkan dapat mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional, yaitu membentuk generasi yang cerdas, berkarakter, dan berdaya saing global. Produk luaran dari penelitian ini berupa media pembelajaran AR yang dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Assemblr EDU. Media ini dirancang untuk membantu peserta didik memahami identitas bangsa Indonesia, seperti semangat persatuan yang terkandung dalam bendera negara Indonesia, dan lagu kebangsaan negara Indonesia, serta makna pada setiap simbol Garuda Pancasila. Penggunaan teknologi AR dalam pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital serta membantu menanamkan rasa cinta tanah air, dan pemahaman terhadap identitas bangsa sejak usia dini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: AR, Pendidikan Pancasila, Aku Mengenal Indonesia, Model ADDIE.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 04 Dec 2025 04:23
Last Modified: 04 Dec 2025 04:23
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/918

Actions (login required)

View Item
View Item