PENGARUH MEDIA SPINNING WHEEL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I DI SDN KEJAPANAN 3

Mohamad, Athif Nizar (2025) PENGARUH MEDIA SPINNING WHEEL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I DI SDN KEJAPANAN 3. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of PGSD_42421022_Mohamad Athif Nizar_Pengaruh Media Spinning Wheel Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Di SDN Kejapanan 3 - Athif Nizar.pdf] Text
PGSD_42421022_Mohamad Athif Nizar_Pengaruh Media Spinning Wheel Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Di SDN Kejapanan 3 - Athif Nizar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Spinning Wheel terhadap kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SDN Kejapanan 3. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan membaca siswa, yang disebabkan kurangnya minat baca serta metode pembelajaran yang monoton. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest. Sampel penelitian adalah 19 siswa kelas I. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, serta uji t test dengan bantuan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan penggunaan media Spinning Wheel terhadap kemampuan membaca siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata skor pretest sebesar 29,58 dan skor rata-rata posttest sebesar 76,42, dengan rata-rata selisih sebesar 46,84. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan nilai t hitung sebesar -27,251, yang berarti terdapat pengaruh signifikan. Dengan demikian, media Spinning Wheel efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada materi suku kata di kelas I SDN Kejapanan 3.
========================================================================================================================
This study aims to determine the effect of Spinning Wheel media on students' reading ability in the Indonesian language subject of grade I at SDN Kejapanan 3. The background of this study is based on the low reading ability of students, which is caused by a lack of interest in reading and monotonous learning methods. This study uses a quantitative method with a pre-experimental design of one group pretest-posttest. The sample of the study was 19 grade I students. Data were collected through pretest and posttest tests, then analyzed using validity, reliability, normality, and t-test tests with the help of the SPSS 22 application. The results of the study showed a significant effect of the use of Spinning Wheel media on students' reading ability. This is evidenced by the average pretest score of 29.58 and
the average posttest score of 76.42, with an average difference of 46.84. The results of the paired sample t-test showed a significance value of 0.000 <0.05 with a t-value
of -27.251, which means there is a significant effect. Thus, the Spinning Wheel media is effective in improving students' reading skills in Indonesian language subjects, especially in syllable material in class I of SDN Kejapanan 3.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Spinning Wheel, Kemampuan Membaca Keywords: Spinning Wheel, Reading Ability
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 04 Dec 2025 04:18
Last Modified: 04 Dec 2025 04:18
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/917

Actions (login required)

View Item
View Item