Fahriyah, Jamilatus Sholikhah (2025) PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS III DI SDN SIDOKEPUNG 1 BUDURAN SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
PGSD_42421021_Fahriyah Jamilatus Sholikhah_Pengaruh Reward dan Punishment - Fahriyah Jamilatus Sholikhah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak dari reward dan punishment terhadap kedisiplinan peserta didik kelas III di SDN Sidokepung 1 Buduran, Sidoarjo. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Jumlah populasi dalam penelitian ini terdiri dari 30 peserta didik, dan teknik sampel yang digunakan adalah metode sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan angket menggunakan skala Likert yang telah diuji untuk validitas dan reliabilitasnya, dan analisis dilakukan melalui regresi linear sederhana dan berganda dengan bantuan software SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) reward tidak berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,967 (p > 0,05); (2) punishment berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05) dan nilai R Square sebesar 0,778; dan (3) reward dan punishment secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan peserta didik dengan nilai signifikansi 0,000 dan R Square sebesar 0,779. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemberian punishment lebih efektif dibandingkan reward dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini menyarankan agar pihak sekolah dan para pendidik secara konsisten menerapkan sanksi yang mendidik dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik, sambil terus menggunakan reward sebagai strategi tambahan untuk memotivasi.
========================================================================================================================
This study aims to explore the influence of rewards and punishments on the discipline of third-grade students at SDN Sidokepung 1 Buduran, Sidoarjo. The method applied in this study is quantitative with a survey approach. The population in this study consisted of 30 students, and the sampling technique used was the saturated sampling method. Data collection was carried out by questionnaires using a Likert scale that has been tested for validity and reliability, and analysis was carried out through simple and multiple linear regression with the help of SPSS software version 23. The results of the study indicate that (1) rewards have no significant effect on student discipline, with a significance value of 0.967 (p > 0.05); (2) punishment has a significant effect on student discipline, with a significance value of 0.000 (p < 0.05) and an R-square value of 0.778; and (3) rewards and punishment simultaneously have a significant effect on student discipline, with a significance value of 0.000 and an R-square value of 0.779. Therefore, it can be concluded that punishment is more effective than rewards in improving student discipline. This study recommends that schools and educators consistently implement educational sanctions, taking into account student characteristics, while continuing to use rewards as an additional motivational strategy.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Pengaruh, reward, punishment, kedisiplinan, peserta didik Keywords: Influence, reward, punishment, discipline, students |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 04:05 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 04:05 |
| URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/916 |

