Faisa, Afifuddin Julianto (2025) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS 1 SDN BALONGGABUS CANDI. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
PGSD_42420114_Faisa Afifuddin Julianto_Analisis Penggunaan Media Kartu Kata2 - Faisa Aje.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang melatih kemampuan keterampilan membaca peserta didik kelas I SDN Balonggabus Candi Sidoarjo. Adapun masalah yang ada di SDN Balonggabus Candi adalah minimnya menggunakan media pembelajaran. Dalam penggunaan media kartu kata pada peserta didik kelas I mereka dapat mengikuti pembelajaran dengan efektif. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, menggunakan desain penelitian pre-exsperimental (nondesign) dengan jenis one grup pre test-post test design.penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data berupa observasi aktivitas peserta didik dan uji t-test yang berupa postest dan pretest. Hasil penelitian menggunakan media kartu kata dapat berpengaruh dalam keterampilan membaca permulaan dengan dibuktikannya hasil dari nilai uji t-test dan juga hasil observasi aktivitas peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa memakai media kartu kata dapat menjadikan peserta didik lebih aktif dan hasil belajar juga maksimal. Pendidik atau guru juga harus bisa menggunakan media kartu kata dengan benar agar hasil bisa maksimal.
========================================================================================================================
This thesis discusses about training the reading skills of first-grade students of SDN Balonggabus Candi Sidoarjo. The problem at SDN Balonggabus Candi is the minimal use of learning media. In the use of word card media for first-grade students they can follow the learning effectively. This study uses quantitative research, using a pre-experimental research design (nondesign) with a one-group pre-test-post-test design. This study uses data collection techniques in the form of observation of student activities and t-test tests in the form of post-test and pre-test. The results of the study using word card media can have an effect on initial reading skills as evidenced by the results of the t-test and also the results of observations of student activities. Based on the results of the study, it can be concluded that using word card media can make students more active and learning outcomes are also optimal. Educators or teachers must also be able to use word card media correctly so that results can be optimal.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Kemampuan keterampilan membaca, media kartu kata, Sekolah dasar Keywords: Reading skills, word cards, elementary school |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 08:39 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 08:39 |
| URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/908 |

