Elok, Rismatul Fahriyal Salsabilah (2025) PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN JENGA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN KELAS IV DI SDN SEKARDANGAN. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
PGSD_42420024_Elok Rismatul F.S_Pengaruh Penerapan Permainan Jenga Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Kelas IV di SDN Sekardangan - Elok Risma-1.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sekardangan Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan jenga terhadap hasil belajar peserta didik pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian kelas IV di SDN. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian. Penerapan permainan jenga menjadi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan one group pretest posttest
design dengan jenis purposive sampling dari teknik non probability sampling dengan memberikan pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberi perlakuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi dan tes serta teknik analisis data menggunakan uji validasi, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji N-Gain dan dihitung menggunakan SPSS versi 25.0. Nilai signifikasi menunjukkan pretest dan posttest >0,05 yaitu pretest 0,077 dan posttest 0,85 serta nilai N-Gain adalah 0,7211. Hasil dari uji tersebut menyatakan bahwa penerapan permainan jenga pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian berpengaruh serta dapat meningkathan hasil belajar peserta didik.
========================================================================================================================
This study was conducted at SDN Sekardangan Sidoarjo. The purpose of this study was to determine the effect of implementing the Jenga game on the learning outcomes of students in the fourth grade in multiplication and division at SDN. The background of this study was the low learning outcomes of fourth-grade students in mathematics, specifically in multiplication and division. The implementation of the Jenga game was an alternative to improve student learning outcomes. This study used a one-group pretest-posttest design with purposive sampling from nonprobability sampling techniques, administering a pretest before the treatment and a posttest after the treatment. The data collection techniques used in this study were observation and testing, while the data analysis techniques used were validity testing, reliability testing, normality testing, N-Gain testing, and calculations using SPSS version 25.0. The significance values indicate that the pretest and posttest are >0.05, with the pretest at 0.077 and the posttest at 0.85, and the N-Gain value is 0.7211. The results of the tests indicate that the application of the Jenga game in multiplication and division operations has an effect and can improve student learning outcomes.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Jenga, hasil belajar, operasi hitung perkalian dan pembagian Key words: Jenga, learning outcomes, multiplication and division operations |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 04:13 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 04:13 |
| URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/902 |

