PENGEMBANGAN MEDIA SMART BOX PERKALIAN UNTUK MELATIH KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS III DI SDN SEMAMBUNG II

Dinar, Dwi Nurjihaan (2025) PENGEMBANGAN MEDIA SMART BOX PERKALIAN UNTUK MELATIH KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS III DI SDN SEMAMBUNG II. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of PGSD_42419024_Dinar Dwi Nurjihaan_Pengembangan Media Smart Box Perkalian Untuk Melatih Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Kelas III di SDN Semambung II-2 - Dinar DN.pdf] Text
PGSD_42419024_Dinar Dwi Nurjihaan_Pengembangan Media Smart Box Perkalian Untuk Melatih Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Kelas III di SDN Semambung II-2 - Dinar DN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Kemampuan literasi numerasi sangat diperlukan untuk memahami masalah perhitungan dalam kehidupan sehari-hari. Namun nyatanya masih ditemukan beberapa siswa yang belum menguasai kemampuan tersebut khususnya dalam pelajaran matematika pada materi perkalian. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media smart box perkalian untuk melatih kemempuan literasi numerasi peserta didik. Penelitian ini dilakukan di kelas III SDN Semambung II. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang dilakukan melalui 5 tahap, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Dalam pengembangan media pembelajaran smart box perkalian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket dan tes. Penelitian ini menggunakan instrument penelitian berupa lembar angket validasi, lembar angket respon, dan lembar tes. Adanya angket validasi materi dan validasi media dari para ahli dapat membantu peneliti untuk mengembangkan media pembelajaran berupa smart box perkalian. Hasil dari penelitian smart box perkalian ini, peneliti mendapatkan penilaian kelayakan dari validator ahli materi dengan persentase 82,8% dan dari validator ahli media mendapatkan persentase sebanyak 88,5%. Untuk angket respon pendidik, peneliti mendapatkan persentase sebanyak 100% dan dari angket respon peserta didik mendapatkan persentase sebanyak 94,4%. Kemudian dari hasil soal tes diketahui dari 27 peserta didik, hanya 2 anak yang mendapat nilai di bawah KKM. Penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran smart box perkalian yang dikembangkan terbukti layak, praktis, dan efektif untuk melatih kemampuan literasi numerasi pada materi perkalian.
========================================================================================================================
Numeracy literacy skills are essential for understanding calculation problems in everyday life. However, some students still lack this skill, particularly in mathematics lessons, particularly in multiplication. Therefore, this study aims to analyze the feasibility, practicality, and effectiveness of a multiplication smart box media for training students' numeracy literacy skills. This research was conducted in grade III of SDN Semambung II. The type of research used in this study is research and development using the ADDIE model which is carried out through 5 stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. In developing this multiplication smart box learning media, researchers used data collection techniques through questionnaires and tests. This study used research instruments in the form of a validation questionnaire sheet, a response questionnaire sheet, and a test sheet. The existence of a material validation questionnaire and media validation from experts can help researchers to develop learning media in the form of a multiplication smart box. The results of this multiplication smart box research, researchers obtained a feasibility assessment from the material expert validator with a percentage of 82.8% and from the media expert validator obtained a percentage of 88.5%. For the educator response questionnaire, researchers obtained a percentage of 100% and from the student response questionnaire obtained a percentage of 94.4%. Then from the results of the test questions it was known that out of 27 students, only 2 children scored below the KKM. This study shows that the multiplication smart box learning media developed is proven to be feasible, practical, and effective for training numeracy literacy skills in multiplication material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: penelitian pengembangan, smart box perkalian, literasi numerasi Keywords: research and development, multiplication smart box, numeracy literacy
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 03 Dec 2025 03:55
Last Modified: 03 Dec 2025 03:55
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/900

Actions (login required)

View Item
View Item