Yovi, Novi Ayu (2025) AN ANALYSIS OF STUDENTS’ DIFFICULTIES IN READING DESCRIPTIVE TEXT AT SMP NEGERI 1 JABON. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
PBI_41419035_YOVI NOVI AYU_AN ANALYSIS STUDENTS' DIFFICULTIES IN READING DESCRIPTIVE TEXT AT SMPN 1 JABON - Nabilatul Bilqis Annida.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dialami siswa dalam memahami bacaan teks deskriptif pada pembelajaran membaca bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi berupa hasil tes membaca yang diberikan oleh guru serta wawancara dengan siswa terpilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kesulitan utama yang dialami siswa dalam memahami teks deskriptif, di antaranya kesulitan dalam menentukan gagasan utama, memahami kosakata, menarik kesimpulan (inferensi), dan menemukan informasi detail dalam teks. Faktor-faktor penyebab kesulitan tersebut meliputi keterbatasan kosakata, kurangnya minat membaca, serta strategi membaca yang belum optimal. Temuan ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi guru dalam merancang strategi pembelajaran membaca yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dihadapi oleh siswa kelas VII dalam memahami teks deskriptif berbahasa Inggris di SMPN 1 Jabon. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesulitan membaca yang dialami siswa serta faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa tes membaca dan wawancara mendalam dengan beberapa siswa yang dipilih secara purposif. Hasil dari tes menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam empat aspek utama pemahaman membaca, yaitu: mengidentifikasi gagasan utama, memahami kosakata, menarik kesimpulan (inferensi), dan menemukan informasi rinci. Selain itu, hasil wawancara mengungkapkan bahwa beberapa faktor penyebab kesulitan tersebut antara lain adalah kurangnya penguasaan kosakata bahasa Inggris, rendahnya minat siswa terhadap aktivitas membaca, kurangnya strategi membaca yang digunakan oleh siswa, serta keterbatasan waktu latihan membaca yang diberikan di kelas. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi guru dalam merancang strategi pembelajaran membaca yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
========================================================================================================================
This study aims to analyze the reading comprehension difficulties faced by seventh-grade students in understanding English descriptive texts at SMPN 1 Jabon. The main focus of this research is to identify the types of difficulties encountered by the students and to explore the underlying factors contributing to those difficulties. A descriptive qualitative approach was employed, with data collected through reading comprehension tests and in-depth interviews with purposively selected students. The test results revealed that students faced challenges in four main areas of reading comprehension: identifying the main idea, understanding vocabulary, making inferences, and finding detailed information. Furthermore, the interview findings indicated several contributing factors, including limited English vocabulary mastery, low interest in reading activities, lack of effective reading strategies, and insufficient reading practice during classroom activities. This research offers significant insights for English teachers in designing more effective and student-centered reading instruction. It also emphasizes the importance of providing varied and meaningful reading experiences to help students develop better comprehension skills. Moreover, the findings of this study are expected to serve as a reference for future researchers who are interested in English language teaching and the development of reading skills among junior high school students.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: pemahaman membaca, teks deskriptif, kesulitan membaca, faktor penyebab Keywords: reading comprehension, descriptive text, reading difficulties, causal factors |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 01:59 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 01:59 |
| URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/889 |

