Arista, Cahyani (2025) PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI INTERAKTIF PENGENALAN DAN PENGOLAHAN SAMPAH SEBAGAI MEDIA EDUKASI UNTUK ANAK USIA 10-12 TAHUN. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
DKV_SKRIPSI_22421012_Arista Cahyani - Arista Cahyani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10MB)
Abstract
Permasalahan sampah yang tidak terkelola dengan baik dapat menimbulkan dampak serius terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), kesadaran masyarakat Indonesia dalam memilah sampah masih rendah sehingga edukasi tentang pengelolaan sampah menjadi penting, terutama untuk generasi muda. Perancangan ini bertujuan untuk merancang buku ilustrasi interaktif sebagai media edukasi yang menarik dan efektif dalam mengenalkan jenis-jenis sampah serta prinsip pengolahan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) kepada anak usia 10-12 tahun. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan model 4D yang meliputi tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Buku ilustrasi interaktif ini dirancang menggunakan gaya ilustrasi kartun yang menarik disertai elemen interaktif seperti labirin, matching game, fitur lift a flap, dan kuis tanya jawab pada halaman terakhir buku. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil perancangan menunjukkan bahwa buku ilustrasi interaktif mampu meningkatkan pemahaman anak terhadap jenis-jenis sampah dan cara pengelolaannya. Buku ilustrasi interaktif ini juga diharapkan dapat menumbuhkan kebiasaan positif pada anak untuk menjaga kebersihan lingkungan sejak dini.
========================================================================================================================
The mismanagement of waste can have severe impacts on the environment and public health. According to data from the Ministry of Environment and Forestry (KLHK), public awareness in Indonesia regarding waste segregation remains low, emphasizing the need for education on waste management, especially for younger generations. This design aims to create an interactive illustration book as an engaging and effective educational tool to introduce children aged 10-12 to waste types and the 3R principles (Reduce, Reuse, Recycle). The method employed is Research and Development (R&D) using the 4D model, which includes Define, Design, Develop, and Disseminate stages. The interactive illustration book is designed with an appealing cartoon illustration style, complemented by interactive elements such as mazes, matching games, lift-a flap features, and a quiz on the last page. Data were collected through observation, interviews, and literature studies. The results of the design indicate that the interactive illustration book effectively enhances children's understanding of waste types and their management. This book is also expected to foster positive habits in children to maintain environmental cleanliness from an early age.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : buku ilustrasi interaktif, pengelolaan sampah, media edukasi, dan ilustrasi. Keywords : interactive illustration book, waste management, educational media, and illustration. |
| Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual |
| Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 03:57 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 03:57 |
| URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/841 |

