PENGEMBANGAN BUKU BERGAMBAR AT-TARTIL JILID 1 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ SIDOARJO

Azliya, Madinatul Merca (2025) PENGEMBANGAN BUKU BERGAMBAR AT-TARTIL JILID 1 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of DKV_Azliya Madinatul Merca_22421056_Pengembangan Buku Bergambar At-Tartil Jilid 1 Untuk Meningkatkan Minat Belajar Membaca Al-Qur’an Di Tpq Sidoarjo - azliyaa.pdf] Text
DKV_Azliya Madinatul Merca_22421056_Pengembangan Buku Bergambar At-Tartil Jilid 1 Untuk Meningkatkan Minat Belajar Membaca Al-Qur’an Di Tpq Sidoarjo - azliyaa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku At-Tartil bergambar jilid 1 sebagai media pembelajaran membaca Al-Qur’an yang menarik bagi anak anak TPQ di Sidoarjo. Metode penelitian menggunakan pendekatan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate), dengan fokus pada penggabungan elemen visual gaya Desain Kartun yang sesuai dengan preferensi anak-anak. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, kuisioner, dan studi literatur terkait efektivitas buku bergambar dalam meningkatkan minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku At-Tartil bergambar dapat membantu meningkatkan minat belajar membaca Al-Qur’an. Ilustrasi yang digunakan tidak hanya menarik perhatian tetapi juga mempermudah pemahaman huruf Hijaiyah dan tajwid dasar. Buku ini didesain dengan aktivitas interaktif seperti menebali huruf, mewarnai, dan permainan labirin untuk meningkatkan daya ingat dan keterlibatan anak-anak. Temuan ini mendukung pentingnya inovasi dalam media pembelajaran yang lebih interaktif untuk mencetak generasi Qur'ani yang unggul.
========================================================================================================================
This research aims to develop an illustrated At-Tartil Volume 1 book as an engaging learning medium for Quran reading among TPQ children in Sidoarjo. The research utilized the ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) approach, focusing on integrating visual elements with a Desain Kartun style suitable for children's preferences. Data were collected through interviews, questionnaires, and a literature review on the effectiveness of illustrated books in enhancing learning interest. The findings indicate that the illustrated At-Tartil book effectively increases interest in Quran reading. The illustrations not only capture attention but also facilitate understanding of Arabic letters and basic tajweed rules. The book is designed with interactive activities such as tracing letters, coloring, and letter mazes to enhance memory retention and engagement. These results underscore the importance of innovative, interactive learning media in fostering a Quran-literate generation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : At-Tartil, buku bergambar, minat belajar, metode ADDIE, Desain Kartun. Keywords : At-Tartil, illustrated book, learning interest, ADDIE method, Desain Kartun.
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 28 Nov 2025 03:16
Last Modified: 28 Nov 2025 03:16
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/836

Actions (login required)

View Item
View Item