Mufarihatus, Sholiha (2025) PERANCANGAN BOARD GAME EDUKATIF “SIAPA YANG PALING JUJUR!?” PERMAINAN PAPAN PETUALANGAN ULAR KEJUJURAN TENTANG BERPERILAKU JUJUR AKADEMIK UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
DKV_22421027_MufarihatusSholiha_Perancangan Board Game Edukatif Siapa Yang Paling Jujur Permainan Papan Petualangan Ular Kejujuran Tentang Berperilaku Jujur Akademik Untuk Siswa Sekolah Dasar - Mufarihatus Soliha.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Abstract
Ujian yang dilakukan sekolah adalah salah satu bentuk penilaian pembelajaran. Hasil penilaian pembelajaran ini akan memberikan gambaran mengenai keterampilan yang dimiliki oleh siswa. Pengambilan ujian yang efektif berarti siswa mengerjakan ujian dengan kemampuan yang dimilikinya sendiri. Tetapi pada kenyataannya masih ada sebagian siswa yang melakukan kecurangan ketika melaksanakan ujian. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang board game edukatif “Siapa yang Paling Jujur!?” Permainan Papan Petualangan Ular Kejujuran sebagai edukasi berperilaku jujur di sekolah oleh siswa sekolah dasar. Adapun metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode perancangan Desain Komunikasi Visual Umum 2. Hasilnya adalah board game ”Siapa yang Paling Jujur!?” Permainan Papan Petualangan Ular Kejujuran. Kesimpulan memberi edukasi siswa berperilaku jujur, berpikir kritis mencari solusi dalam situasi permainan, mendorong siswa untuk berkomunikasi, dan memahami aturan bersama.
========================================================================================================================
Exams conducted by schools are a form of learning assessment. The results of this learning assessment will provide an overview of the skills possessed by students. Effective exam taking means that students take the exam with their own abilities. But in reality there are still some students who cheat when taking the exam. The purpose of this research is to design an educational board game “Who is the Most Honest!?” Honesty Snake Adventure Board Game as an education for honest behavior at school by elementary school students. The method used for this research is the General Visual Communication Design design method 2. The result is the Boardgame "Who's the Most Honest!?”Honesty Snake Adventure Board Game. Conclusion Educate students to behave honestly, think critically to find solutions in game situations, encourage students to communicate, and understand the rules together.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : board game, kejujuran, akademik, sekolah dasar, media edukatif Keywords : board game, honest, academic, elementary school, edukatif media |
| Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual |
| Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 01:47 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 01:47 |
| URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/826 |

