PERANCANGAN VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT SEBAGAI KAMPANYE GERAKAN PEDULI GINJAL DENGAN JUDUL RESET HIDUP

Moch., Rizky Setiawan (2025) PERANCANGAN VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT SEBAGAI KAMPANYE GERAKAN PEDULI GINJAL DENGAN JUDUL RESET HIDUP. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of DKV_22421024_Moch. Rizky Setiawan_Perancangan Video Iklan Layanan Masyarakat Sebagai Kampanye Gerakan Peduli Ginjal Dengan Judul Reset Hidup - Moch. Rizky Setiawan.pdf] Text
DKV_22421024_Moch. Rizky Setiawan_Perancangan Video Iklan Layanan Masyarakat Sebagai Kampanye Gerakan Peduli Ginjal Dengan Judul Reset Hidup - Moch. Rizky Setiawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada perancangan video iklan layanan masyarakat sebagai kampanye gerakan peduli ginjal dengan judul Reset Hidup yang dirancang karena kasus cuci darah usia muda di Indonesia semakin meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang iklan layanan masyarakat yang berisi tentang beberapa kebiasaan-kebiasaan buruk yang memicu terjadinya gangguan ginjal, sehingga dengan media ini masyarakat akan lebih sadar dan paham dengan kesehatan ginjal mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Desain Komunikasi Visual umum 2 (safanayong, 2006) dengan proses pengumpulan data melalui wawancara dengan dokter umum, angket online, dan studi literatur. Proses perancangan iklan layanan masyarakat melibatkan beberapa tahapan, mulai dari perancangan storyline, skenario, storyboard, yang kemudian dilanjutkan dengan proses pengambilan gambar, editing dan publikasi. Hasil dari penelitian ini berupa iklan layanan masyarakat yang diharapkan mampu untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya menjaga dan merawat kesehatan ginjal mereka.
========================================================================================================================
This research focuses on designing public service advertisements as a campaign for kidney care through audiovisual media designed because the number of dialysis cases among young people in Indonesia is increasing. The purpose of this research is to design public service advertisements that contain information about several bad habits that trigger kidney disorders, so that with this media the public will be more aware and understand their kidney health. The method used in this research is General Visual Communication Design 2 (Safanayong, 2006) with data collection through interviews with general practitioners, online questionnaires, and literature studies. The process of designing public service advertisements involves several stages, starting from designing the storyline, scenario, storyboard, which is then continued with the process of shooting, editing, and publication. The results of this research are public service advertisements that are expected to be able to increase public awareness and understanding of the importance of maintaining and caring for their kidney health.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kampanye sosial, iklan layanan masyarakat, ginjal, audio visual Keywords : Social campaigns, public service announcements, kidney, audio visual
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 27 Nov 2025 08:38
Last Modified: 27 Nov 2025 08:38
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/825

Actions (login required)

View Item
View Item