PERANCANGAN LOGO DAN FEED INSTAGRAM UMKM “ CITUL MBOK IMAH “ UNTUK MERANCANG BRAND IDENTITY

Erico, Wahyu Afrianto (2025) PERANCANGAN LOGO DAN FEED INSTAGRAM UMKM “ CITUL MBOK IMAH “ UNTUK MERANCANG BRAND IDENTITY. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of DKV_22420005_Erico_Wahyu_Afrianto_Perancangan_Logo_Dan_Feed_Instagram_UMKM_Citul_Mbok_Imah_Untuk_Merancang_Brand_Identity.pdf] Text
DKV_22420005_Erico_Wahyu_Afrianto_Perancangan_Logo_Dan_Feed_Instagram_UMKM_Citul_Mbok_Imah_Untuk_Merancang_Brand_Identity.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

UMKM “Citul Mbok Imah” merupakan bisnis kuliner tradisional yang berdiri pada pertengahan tahun 2023 di Sidoarjo, Jawa Timur. UMKM ini memiliki fokus utama pada produksi Aci Tulang atau “Citul”, namun hingga saat ini belum memiliki identitas merek yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang logo sebagai Elemen utama identitas merek (Brand Identity) guna meningkatkan daya saing dan membangun citra yang profesional di pasar. Metode penelitian yang digunakan meliputi wawancara, Observasi, dan analisis menggunakan pendekatan SWOT. Tahapan desain dimulai dari pengumpulan data, analisis kebutuhan, sintesis konsep, hingga Implementasi Visual berupa logo dan Elemen pendukung lainnya seperti kemasan, Media promosi digital, dan cetak. Hasil yang diharapkan adalah terciptanya logo yang tidak hanya berfungsi sebagai simbol Visual, tetapi juga mampu menyampaikan pesan merek dan nilai nilai UMKM kepada konsumen. Dengan logo yang dirancang secara strategis, diharapkan UMKM “Citul Mbok Imah” mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan, memperluas jangkauan pasar, dan bersaing secara Efektif di era digital.
========================================================================================================================
“Citul Mbok Imah” is a traditional culinary MSME established in mid-2023 in Sidoarjo, East Java. Specializing in Aci Tulang or “Citul,” this business has yet to develop a strong Brand Identity. This study aims to design a logo as a core Element of Brand Identity to enhance competitiveness and establish a professional image in the market. The research employs interviews, observations, and SWOT analysis. The design process includes data collection, needs analysis, concept synthesis, and Visual implementation in the form of a logo and supporting Elements, such as packaging and promotional Media for both Digital and print formats. The expected result is a logo that not only serves as a Visual symbol but also communicates the Brand's message and values to consumers. A strategically designed logo is anticipated to boost customer trust, expand market reach, and enable “Citul Mbok Imah” to compete effectively in the Digital era.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Logo, UMKM, Brand Identity, Citul Mbok Imah Keywords : Logo, MSME, Brand Identity, Citul Mbok Imah.
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 27 Nov 2025 03:08
Last Modified: 27 Nov 2025 03:08
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/819

Actions (login required)

View Item
View Item