Ernawati (2025) METODE DONGENG DI PAUD AL HIKMAH ( KAJIAN AKHLAK DAN NILAI-NILAI AGAMA ) KEC. TULANGAN. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
PIAUD_Ernawati_52422006_Metode Dongeng Di Paud Al Hikmah ( Kajian Akhlak Dan Nilai-Nilai Agama ) - ernawati rofik74-1.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Melalui pendidikan seseorang dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai yang diperlukan untuk menghadapi tantangan kehidupan. Namun dalam era zaman sekarang, pendidikan mengalami perubahan yang signifikan. Perkembangan teknologi dan perubahan sosial telah membawa dampak besar pada sistem pendidikan saat ini. Dengan Metode dongeng dapat dijadikan sebagai media pembentuk kepribadian dan moralitas anak usia dini. Dongeng mampu melatih kreativitas anak seperti daya imajinasi anak dimana kemampuan berpikir yang dilakukan seorang anak tanpa batas dan fleksibel dalam merespon suatu stimulasi yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis metode dongeng dalam kajian akhlak dan nilai-nilai agama . Penelitian ini penelitian kualitatif, Objek penelitian ini adalah bagaimana metode dongeng dalam kajian akhlak dan nilai-nilai agama di Paud Al Hikmah Tulanagn. Sedangkan subjek penelitiannya adalah murid paud dan guru. Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian, peneliti menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian menujukan bahwa metode dongeng dalam akhlak dan nilai-nilai agama dilakukan melalui metode bercerita dengan teknik mendongeng dan berbagai media yang di gunakan dalam mendongeng banyak memperoleh manfatnya yaitu dapat mengembangkan daya imajinasi anak, memperkaya krosa kata anak, mengembangkan sosial emosional anak dan dapat pula merangsang minat baca anak.
========================================================================================================================
Through education, individuals can acquire the knowledge, skills, and values necessary to face the challenges of life. However, in the current era, education is undergoing significant changes. Technological advancements and social changes have had a major impact on today’s education system.The storytelling method can serve as a medium for shaping the personality and morality of early childhood learners. Storytelling can foster children's creativity, particularly their imagination where a child’s thinking ability operates without limits and remains flexible in responding to given stimuli.This research aims to describe and analyze the storytelling method in the context of moral and religious values. This is a qualitative study. The object of the research is the application of the storytelling method in moral and religious value education at Paud Al Hikmah Tulangan. The subjects of the research are the early childhood students and teachers.To gather the necessary information and data, the researcher used several methods: observation, interviews, and documentation. The analysis of the collected data shows that the storytelling method for moral and religious values is implemented through narrative techniques and various media. This method provides numerous benefits, such as developing children's imagination, enriching their vocabulary, enhancing their social- emotional development, and stimulating their interest in reading.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Metode Doneng, Akhlak dan nilai agama Keywords : Fairy Tale Method, Morals and Religious Values |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakutas Agama Islam > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 08:42 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 08:42 |
| URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/814 |

