GERAK DAN LAGU DI RA NURUL MUAWANAH ( Kajian Perkembangan Motorik Anak Usia Dini )

Aida, Muchliza (2025) GERAK DAN LAGU DI RA NURUL MUAWANAH ( Kajian Perkembangan Motorik Anak Usia Dini ). Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of PIAUD_AIDA_52422026_Gerak dan Lagu - cesa kusa.pdf] Text
PIAUD_AIDA_52422026_Gerak dan Lagu - cesa kusa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Gerak dan lagu merupakan ekpresi anak saat senang, marah dan takut dipadukan dengan lagu atau nyanyian sehingga anak dapat meluapkan ekspresinya dan membebaskan diri dari ketegangan melalui gerakan yang diiringi oleh lagu. perkembangan motorik kasar anak kelompok B masih dalam kategori belum berkembang sesuai harapan. Hal ini terlihat dari 10 anak, ditemukan 7 anak kurang aktif menirukan berbagai gerakan yang dicontohkan guru saat pembelajaran, kegiatan pembelajaran yang diberikan masih menoton sehingga anak– anak cepat merasa bosan, dan terlihat kurang bersemangat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana analisa gerak dan lagu kajian perkembangan motorik anak di Ra.Nurul Muawanah ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kegiatan gerak dan lagu terhadap perkembangan motorik kasar anak usia di Ra.Nurul Muawanah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan rancangan Observasi ,wawancara dan Dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan anak. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah protes awal dan post-tes akhir lewat gerak dan lagu pada anak. Hasil penelitian yang peneliti lakukan ditemukan bahwa pembelajaran anak usia dini dengan menggunakan kegiatan gerak dan lagu efektif untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar anak kelompok B di ra.Nurul Muawanah. Dengan adanya kegiatan gerak dan lagu, guru dapat menyediakan kesempatan bagi anak untuk berekpresi dalam menggerakkan anggota tubuhnya melalui bernyanyi bersama lagu. Kegiatan gerak dan lagu terintegrasi dengan musik dan gerakan (dance) memfasilitasi anak dengan gaya belajar yang berbeda (visual, auditory dan kinestetik) dan dapat meningkatkan perkembangan fisik motorik kasar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan kegiatan gerak dan lagu efektif untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar anak kelompok B di Ra.Nurul Muawanah. Sehingga diharapkan agar guru dapat menerapkan kegiatan gerak dan dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar anak.
========================================================================================================================
Moving and song are children’s expressons when they are happy, angry and afraid combined with songs or singing so that children can express their expressions and free themselves from tension through movements accompanied by songs. The gross moto development of children in group B is still in the category of not delveloping as expected.this can be seen froom 10 children,7 children were found to be less active in imitating various movements exemplified by the teacher during learning,the learning activitoes provided wre still monotonous so that children quickly felt bore,and looked less enthusiastic.the formulation of the problem in this study is how to analyze movement and somg in the study of children motor development at Ra Nurul Muawana? This study aims to determine the offectiveness of movement and song activities on the gross motor development of children aged at Ranurul Muawana.the research method used is qulitative reseach with an observation,interview and documentatin design. The data used in this study were obvtainet from the reseult of observations of chilldren. Collection techniques the data in this study are the initial protest and the final post test through movement and song in children. The results of the research conducted by the researcher found thet early chilldhood learning using movement and song activities is effective in improving the gross motor development of children in group B at Ra.nurul Muawana.with the presence of movement and song activities,teacher can provide opportunities for children to express themdselves in moving their limbs through singing along to songs.movement and song activities integrated with music and movement (dance) facilitate children with different learning styles (visual, auditory and kinesthetic) and can improve the physical development of gross motor skills.thus,it can be concluded that the use of movement and song activities is effective in improving the gross motor development of children in group B at Ra Nurul Muawana.therefore,it is hoped that theacher can implement movement activities and in improving children’s gross motor development

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakutas Agama Islam > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 24 Nov 2025 08:37
Last Modified: 24 Nov 2025 08:37
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/813

Actions (login required)

View Item
View Item