Mirawati, Is Atan (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN PUZZLE DI RA INSAN MADANI. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
PIAUD_52422037_Mirawati Is Atan_Strategi Pengembangan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Puzzle Di RA Insan Madani - Miracle Athan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan oleh pendidik dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini melalui kegiatan bermain puzzle di RA Insan Madani. Kemandirian merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan anak usia dini, yang perlu ditanamkan sejak dini agar anak mampu melakukan kegiatan sehari-hari tanpa selalu bergantung pada orang lain. Bermain puzzle dipilih sebagai salah satu bentuk stimulasi karena dapat melatih konsentrasi, pengambilan keputusan, serta tanggung jawab anak dalam menyelesaikan tugas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik dan anak-anak kelompok A dan B di RA Insan Madani. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan kemandirian melalui kegiatan bermain puzzle dilakukan dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih puzzle secara mandiri, menyusun tanpa bantuan langsung, serta memberikan motivasi dan penguatan positif. Tantangan yang dihadapi pendidik antara lain perbedaan tingkat kemampuan anak dan kurangnya konsentrasi, namun dapat diatasi dengan pendekatan individual dan pembiasaan yang konsisten. Dengan demikian, kegiatan bermain puzzle terbukti efektif sebagai strategi dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini, terutama jika dilaksanakan secara terencana dan berkelanjutan.
========================================================================================================================
This study aims to describe the strategies used by educators to develop early childhood independence through puzzle play activities at RA Insan Madani. Independence is an essential aspect of early childhood development that should be instilled from an early age so that children can carry out daily activities without relying on others. Puzzle play is chosen as a form of stimulation because it helps train concentration, decision-making, and responsibility in completing tasks. This research uses a qualitative approach with a descriptive method. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. The subjects of this study were teachers and children from Group A and B at RA Insan Madani. The data were analyzed through data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the strategy to develop independence through puzzle play includes giving children the opportunity to choose puzzles independently, complete them without direct assistance, and providing motivation and positive reinforcement. Challenges faced by educators include differences in children's abilities and lack of concentration, which were addressed through individual approaches and consistent habituatio. Thus, puzzle play activities are proven to be effective strategies for fostering early childhood independence, especially when implemented in a planned and continuous manner.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: strategi, kemandirian, anak usia dini, bermain puzzle, RA Insan Madani Keywords: strategy, independence, early childhood, puzzle play, RA Insan Madani |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakutas Agama Islam > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 08:32 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 08:32 |
| URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/812 |

