METODE BERNYANYI DI RA INSAN MADANI (Kajian Perkembangan Aspek Bahasa Anak Usia Dini)

Indah, Sri Wahyuni (2025) METODE BERNYANYI DI RA INSAN MADANI (Kajian Perkembangan Aspek Bahasa Anak Usia Dini). Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of PIAUD_52422035_INDAH SRI WAHYUNI_METODE BERNYANYI DI RA INSAN MADANI (kajian perkembangan aspek bahasa anak usia dini) - Indah Sri wahyuni-1.pdf] Text
PIAUD_52422035_INDAH SRI WAHYUNI_METODE BERNYANYI DI RA INSAN MADANI (kajian perkembangan aspek bahasa anak usia dini) - Indah Sri wahyuni-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji metode bernyanyi yang diterapkan di RA insan madani serta dampaknya terhadap perkembangan anak usia dini. Bernyanyi merupakan aktivitas yang melekat pada dunia anak-anak dan memiliki potensi besar sebagai medium edukasi. Di RA insan madani, bernyanyi tidak hanya di pandang sebagai hiburan, melainkan diintegrasikan secara strategis dalam kurikulum untuk menstimulasi berbagai aspek perkembangan anak. studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru dan pengelola, serta analisis dokumen terkait pelaksanaan kegiatan bernyanyi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode bernyanyi di RA insan madani secara signifikan berkontribusi pada perkembangan kognitif (pengenalan kosakata, konsep angka, dan pemahaman instruksi), afektif (ekspresi emosi, percaya diri, dan kerja sama), serta psikomotorik (koordinasi gerak dan ritme) anak. Variasi lagu, pengunaan alat peraga, dan keterlibatan aktif anak dalam bernyanyi menjadi faktor kunci keberhasilan metode ini. Implikasi dari penelitian ini menyoroti pentingnya optimalisasi motode bernyanyi sebagai alat pembelajaran yang efektif di lembaga pendidikan anak usia dini.
========================================================================================================================
This study examines the singing method implemented at RA Insan Madani and its impact on early childhood development. Singing is an activity inherent in the world of children and has great potential as an educational medium. At RA Insan Madani, singing is not only seen as entertainment, but is strategically integrated into the curriculum to stimulate various aspects of child development. This study used a qualitative approach with participatory observation methods, in-depth interviews with teachers and administrators, and document analysis related to the implementation of singing activities. The results showed that the use of the singing method at RA Insan Madani significantly contributed to the cognitive development(vocabulary recognition, number concepts, and understanding of instructions), affective (emotional expression,selfconfidence,and cooperation), and psychomotor(movement coordination and rhythm) of children. The variety of songs, the use of props, and the active involvement of children in singing are key factors in the success of this mothod. The implications of this study highlight the importance of optimizing the singing method as an effective learning tool in early childhood education institutions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Metode Bernyanyi, Perkembangan Anak Usia Dini, RA Insan Madani, Kognitif, Afektif,Psikomotorik. Keywords: Singing Method, Early Childhood Development, RA Insan Madani, Cognitive, Affective, Psychomotor.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakutas Agama Islam > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 24 Nov 2025 08:14
Last Modified: 24 Nov 2025 08:14
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/810

Actions (login required)

View Item
View Item