MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR MELALUI AKTIVITAS MELIPAT KERTAS ORIGAMI PADA ANAK USIA DINI DI KB. MUHAJIRIN, KEC. KENJERAN, SURABAYA

Susi, Andayani (2025) MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR MELALUI AKTIVITAS MELIPAT KERTAS ORIGAMI PADA ANAK USIA DINI DI KB. MUHAJIRIN, KEC. KENJERAN, SURABAYA. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of PIAUD_52422017_Susi Andayani_Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Aktivitas Melipat Kertas Origami pada Anak Usia Dini di KB Muhajirin Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya.pdf] Text
PIAUD_52422017_Susi Andayani_Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Aktivitas Melipat Kertas Origami pada Anak Usia Dini di KB Muhajirin Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai kualitas karya ilmiah yang berjudul Meningkatkan Konsentrasi Belajar melalui Aktivitas Melipat Kertas Origami pada Anak Usia Dini di KB Muhajirin Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya. Kegiatan dilaksanakan dua kali dalam seminggu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kekuatan otot sehingga keterampilan motorik halus dan motorik kasar dapat mendukung peningkatan konsentrasi anak usia dini. Aktivitas melipat, menempel, dan menggunting kertas origami juga diharapkan dapat merangsang kecerdasan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilaksanakan di KB Muhajirin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas melipat kertas origami berpengaruh signifikan terhadap konsentrasi belajar serta dapat meningkatkan perkembangan kognitif positif pada anak usia dini.
========================================================================================================================
This thesis presents a research study on the quality of a final project entitled Enhancing Learning Concentration through Origami Paper Folding Activities for Early Childhood at KB Muhajirin, Kenjeran District, Surabaya City. The activities were conducted twice a week. The purpose of this study is to strengthen muscle movements so that fine and gross motor skills can support the improvement of concentration in early childhood. Activities such as folding, pasting, and cutting origami paper are also expected to stimulate children’s intelligence. This research employed a qualitative approach using observation, interviews, and documentation, carried out at KB Muhajirin. The findings indicate that origami paper folding activities significantly influence learning concentration and foster positive cognitive development in early childhood.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Anak Usia Dini, Konsentrasi Belajar, Origami, Motorik Halus, Motorik Kasar, Perkembangan Kognitif. Keywords: Early Childhood, Learning Concentration, Origami, Fine Motor Skills, Gross Motor Skills, Cognitive Development.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakutas Agama Islam > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 24 Nov 2025 04:52
Last Modified: 24 Nov 2025 04:52
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/805

Actions (login required)

View Item
View Item