METODE PERMAINAN TRADISIONAL DAKON UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK B DI RA AZ-ZAHRA

Asrifatul, Mahillah (2025) METODE PERMAINAN TRADISIONAL DAKON UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK B DI RA AZ-ZAHRA. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of PIAUD 52422009 Asrifatul Mahillah Metode Permainan Tradisional - Asrifatul Mahillah.pdf] Text
PIAUD 52422009 Asrifatul Mahillah Metode Permainan Tradisional - Asrifatul Mahillah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode permainan tradisional dakon dapat meningkatkan keterampilan sosial pada peserta didik Kelompok B di RA Az-Zahra. Keterampilan sosial merupakan aspek penting yang harus dikembangkan sejak usia dini karena berkaitan langsung dengan kemampuan anak dalam berinteraksi, bekerja sama, dan membangun hubungan sosial yang sehat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan dakon mampu meningkatkan berbagai aspek keterampilan sosial anak seperti kerja sama, komunikasi, kepekaan, inisiatif, serta kemampuan motorik dan kognitif. Anak anak menjadi lebih aktif dalam berinteraksi dengan teman sebaya, mampu bekerja dalam kelompok, dan menunjukkan sikap empati serta toleransi. Berdasarkan temuan ini, permainan tradisional dakon terbukti efektif sebagai metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru PAUD dalam mengembangkan keterampilan sosial anak usia dini.
========================================================================================================================
This research aims to investigate how the implementation of the traditional game dakon can enhance social skills in Group B students at RA Az Zahra. Social skills are crucial aspects that must be developed from an early age as they directly relate to children's ability to interact, collaborate, and build healthy social relationships. This study used a descriptive qualitative method, with data collection techniques including observation, interviews, and documentation. The results indicate that the dakon game effectively improves various aspects of children's social skills, such as cooperation, communication, empathy, initiative, as well as motor and cognitive abilities. Children became more active in interacting with peers, capable of working in groups, and demonstrated empathy and tolerance. Based on these findings, the traditional game dakon is proven to be an effective learning method that can be used by early childhood educators to foster social skills in young children.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Permainan Tradisional, Dakon, Keterampilan Sosial, Anak Usia Dini Keywords : Traditional Games, Dakon, Social Skills, Early Childhood
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakutas Agama Islam > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 24 Nov 2025 02:07
Last Modified: 24 Nov 2025 02:07
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/801

Actions (login required)

View Item
View Item