STRATEGI PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL DI MI DARUSSALAM KEBOGUYANG JABON SIDOARJO

Fidiya, Kustianingsih (2025) STRATEGI PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL DI MI DARUSSALAM KEBOGUYANG JABON SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of PGMI_FIDIYA KUSTIANINGSIH_51422064_STRATEGI PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPASISWA KELAS V MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL - fidiya Kustianingsih.pdf] Text
PGMI_FIDIYA KUSTIANINGSIH_51422064_STRATEGI PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPASISWA KELAS V MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL - fidiya Kustianingsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas V di MI Darussalam Keboguyang Jabon Sidoarjo melalui penggunaan media pembelajaran audio visual. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa yang masih didominasi oleh metode ceramah konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru dan siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran audio visual mampu meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Media ini memadukan elemen suara dan gambar, sehingga membantu siswa dalam memahami konsep-konsep abstrak secara lebih konkret. Strategi yang diterapkan mencakup perencanaan pembelajaran, pemilihan dan pengembangan media yang sesuai, pelaksanaan pembelajaran interaktif, serta evaluasi melalui pretest dan posttest. Hasil posttest menunjukkan peningkatan signifikan pada capaian belajar siswa, dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 100% setelah penerapan media audio visual, dibandingkan hanya 15% sebelum penerapan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperkuat pemanfaatan media audio visual sebagai strategi pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, serta memberikan alternatif inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di tingkat sekolah dasar.
========================================================================================================================
This study aims to describe strategies for improving science learning outcomes among fifth-grade students at MI Darussalam Keboguyang Jabon Sidoarjo through the use of audio-visual instructional media. The research was motivated by the low student motivation and achievement, which were primarily due to the dominance of conventional lecture-based teaching methods. This research employed a descriptive qualitative approach using a case study method. Data were collected through observation, interviews, and documentation involving the fifth-grade teacher and students. The results indicate that the implementation of audio-visual media significantly increased students’ engagement and understanding. By combining visual and auditory elements, this media helped students grasp abstract science concepts more concretely. The strategy included lesson planning, selecting and developing appropriate media, delivering interactive instruction, and assessing learning through pretests and post tests. Post test results revealed a substantial improvement in student learning outcomes, with 100% of students achieving mastery after the intervention, compared to only 15% before its implementation. This research contributes to the growing body of evidence supporting audio-visual media as an effective and enjoyable instructional strategy. It offers an innovative alternative to enhance the quality of science education at the elementary school level.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Audiovisual, IPA, Hasil Belajar Key words: Audiovisual, science education, learning outcomes
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakutas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 21 Nov 2025 03:44
Last Modified: 21 Nov 2025 03:44
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/796

Actions (login required)

View Item
View Item