PENGARUH METODE PERMAINAN WORDWALL TERHADAP PELAJARAN AL QUR’AN HADIST UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS 6 DI MI AT TAQWA KEBONAGUNG SUKODONO

Alfiyatush, Sholihah (2025) PENGARUH METODE PERMAINAN WORDWALL TERHADAP PELAJARAN AL QUR’AN HADIST UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS 6 DI MI AT TAQWA KEBONAGUNG SUKODONO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of PGMI_Alfiyatush Sholihah_51422024_PengaruhMetodePermainan - Alfiyatush Sholihah-3.pdf] Text
PGMI_Alfiyatush Sholihah_51422024_PengaruhMetodePermainan - Alfiyatush Sholihah-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan Wordwall terhadap minat dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Al-Qur’an Hadis. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa akibat penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang menarik. Wordwall sebagai media pembelajaran berbasis permainan dipilih karena bersifat interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pretest–posttest control group. Sampel terdiri dari 66 siswa kelas VI MI At-Taqwa Kebonagung Sukodono, yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah angket minat belajar dan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dengan peningkatan sebesar 23,06%. Hasil belajar siswa juga meningkat sebesar 15,53% pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, penggunaan Wordwall berpengaruh positif terhadap peningkatan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis.
========================================================================================================================
This study aims to determine the effect of using Wordwall games on students’ interest and learning outcomes in Al Qur’an Hadits subjects. The background of this research is the low student interest in learning due to the use of conventional teaching methods that tend to be less engaging. Wordwall, as a game-based learning medium, was chosen for its interactive and enjoyable nature. This study employed a quantitative method with a pretest–posttest control group design. The sample consisted of 66 sixth-grade students at MI At-Taqwa Kebonagung Sukodono, divided into an experimental group and a control group. The instruments used were a learning interest questionnaire and a learning achievement test. Data were analyzed using normality tests, homogeneity tests, and t-tests. The results showed that the learning interest of students in the experimental group was higher than that of the control group, with an increase of 23.06%. Student learning outcomes also improved by 15.53% in the experimental group compared to the control group. The t-test results indicated a significant difference between the two groups. Thus, the use of Wordwall had a positive effect on increasing students’ interest and learning outcomes in Al Qur’an Hadits learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Wordwall, Minat Belajar, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadis Keywords: Wordwall, Learning Interest, Learning Outcomes, Al Qur’an Hadits
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakutas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 21 Nov 2025 03:38
Last Modified: 21 Nov 2025 03:38
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/795

Actions (login required)

View Item
View Item