Aizatus, Sholicha (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV BAB BANGUN RUANG DI MI AT TAQWA KEBONAGUNG KECAMATAN SUKODONO KABUPATEN SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
PGMI_AizatusSholicha_51422031_Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv Bab Bangun Ruang Di Mi At Taqwa Kebonagung Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo - Aizatus Sholicha.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV pada materi bangun ruang di MI At-Taqwa Kebonagung Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental tipe pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran interaktif dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji-t independen untuk membandingkan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) = < 0,001, yang lebih kecil daripada taraf signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif dengan siswa yang menggunakan metode konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV pada materi bangun ruang.
========================================================================================================================
This study aims to determine the effect of using interactive learning media on the mathematics learning outcomes of fourth-grade students in the topic of three-dimensional shapes at MI At-Taqwa Kebonagung, Sukodono District, Sidoarjo Regency. This research employed a quantitative approach with a quasi-experimental design, using a pretest-posttest control group design. The sample consisted of two classes, namely the experimental class, which used interactive learning media, and the control class, which used conventional methods. The research instrument was a learning achievement test that had been tested for validity and reliability. Data analysis was carried out using an independent t-test to compare the posttest scores between the experimental class and the control class. The results showed that the mean posttest score of the experimental class was higher than that of the control class. The t-test results showed that the value of Sig. (2-tailed) = < 0.001, which is smaller than the significance level of 0.05. This indicates that there is a significant difference in mathematics learning outcomes between students who used interactive learning media and those who used conventional methods. In conclusion, the use of interactive learning media has a positive and significant effect on the mathematics learning outcomes of fourth-grade students in the topic of three-dimensional shapes.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: media pembelajaran interaktif, hasil belajar, matematika bangun ruang Keywords: interactive learning media, learning outcomes, mathematics, three-dimensional shapes |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakutas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 03:34 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 03:34 |
| URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/794 |

