STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA DIGITAL KUIS KAHOOT PADA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI KATA SIFAT KELAS V DI MI SUNAN AMPEL KESAMBI

Farosya Al Firdhaws, Yulinar Rosanty Imron (2025) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA DIGITAL KUIS KAHOOT PADA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI KATA SIFAT KELAS V DI MI SUNAN AMPEL KESAMBI. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of PGMI_51422063_Farosya Al Firdhaws R.I._Strategi Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Digital Kuis Kahoot Pada Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Kata Sifat Kelas V Di MI Sunan Ampel Kesambi - Fa.pdf] Text
PGMI_51422063_Farosya Al Firdhaws R.I._Strategi Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Digital Kuis Kahoot Pada Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Kata Sifat Kelas V Di MI Sunan Ampel Kesambi - Fa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui media digital kuis Kahoot pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi kata sifat kelas V di MI Sunan Ampel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi pembelajaran yang menarik dan interaktif. Pembelajaran dimulai dengan contoh-contoh konkret, dilanjutkan dengan bantuan visual seperti kertas tempel berwarna-warni, dan dilanjutkan dengan sesi kuis menggunakan Kahoot. Media ini berhasil meningkatkan partisipasi siswa, menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan, dan membantu siswa memahami materi dengan lebih efektif. Bahkan siswa yang sebelumnya pasif menjadi lebih aktif dan kompetitif selama kuis berlangsung. Tantangan yang dihadapi meliputi rendahnya minat baca siswa dan koneksi internet yang tidak stabil. Namun, guru mengatasinya dengan mendorong kebiasaan membaca dan menggunakan sumber internet alternatif. Secara keseluruhan, Kahoot terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, baik dari segi pemahaman maupun hasil evaluasi.
========================================================================================================================
This study aims to describe the teacher’s strategy in improving student learning outcomes through the digital quiz platform Kahoot in teaching Indonesian language, specifically the topic of adjectives, in the fifth grade of MI Sunan Ampel. This research used a descriptive qualitative approach. Data were collected through interviews, observations, and documentation. The results show that the teacher applied engaging and interactive teaching strategies. The lesson began with concrete examples, followed by visual aids such as colorful sticky notes, and continued with quiz sessions using Kahoot. This media successfully increased student participation, created a more enjoyable learning atmosphere, and helped students understand the material more effectively. Even students who were previously passive became more active and competitive during the quiz. Challenges included students’ low interest in reading and unstable internet connection. However, the teacher overcame these by encouraging reading habits and using alternative internet sources. Overall, Kahoot proved effective in enhancing student learning outcomes, both in terms of comprehension and evaluation results.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi Guru, Hasil Belajar, Kahoot, Kata Sifat, Bahasa Indonesia Keywords: Teacher Strategy, Learning Outcomes, Kahoot, Adjectives, Indonesian Language
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakutas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 21 Nov 2025 03:02
Last Modified: 21 Nov 2025 03:02
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/791

Actions (login required)

View Item
View Item