EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS VI DI MI DARUN NAJAH

Yogha, Yalestio (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS VI DI MI DARUN NAJAH. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of PGMI_51422051_Yogha Yalestio_Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Poster Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila kelas VI di MI Darun Najah - yalestio yogha.pdf] Text
PGMI_51422051_Yogha Yalestio_Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Poster Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila kelas VI di MI Darun Najah - yalestio yogha.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan poster sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Latar belakang penelitian ini terletak pada pentingnya media pembelajaran visual dalam meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen, menggunakan desain pretest-posttest dengan kelompok kontrol. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas 6A dan 6B di MI Darun Najah], dengan sampel yang dipilih melalui teknik random sampling. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang telah divalidasi untuk reliabilitas dan validitasnya. Analisis data dilakukan dengan uji t independen, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan poster dan siswa yang diajar tanpa poster (p < 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan poster sebagai media pembelajaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
========================================================================================================================
This study aims to determine the effectiveness of using posters as a learning medium on students’ learning outcomes. The background of this research lies in the importance of visual learning media in improving students’ conceptual understanding and learning motivation. The research employed a quantitative approach with a quasi-experimental design, using a pretest-posttest control group design. The population consisted 6A and 6B students at MI Darun Najah, with samples selected through a random sampling technique. The research instrument was a learning outcome test that had been validated for reliability and validity. The data analysis was conducted using an independent t-test, which revealed a significant difference between the learning outcomes of students taught with posters and those taught without posters (p < 0.05). These findings indicate that the use of posters as a teaching medium has a positive and significant effect on improving students’ learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: efektivitas, poster, hasil belajar, media pembelajaran visual, metode kuantitatif. Keywords: effectiveness, posters, learning outcomes, visual learning media, quantitative method.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakutas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 21 Nov 2025 03:04
Last Modified: 21 Nov 2025 03:04
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/789

Actions (login required)

View Item
View Item