Hani’atul, Khoiroh (2025) PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL WORDWALL UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS 1 DI MI DARUN NAJAH KLOPOSEPULUH SUKODONO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
PGMI_51422050_Hani'atul Khoiroh_Penggunaan Media Digital Wordwall Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas 1 Di MI Darun Najah Kloposepuluh Sukodono - Hani'atul Khoiroh.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media digital Wordwall dalam upaya meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas 1 MI Darun Najah Kloposepuluh Sukodono. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan gambaran yang mendalam dan komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media digital Wordwall dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis berhasil menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, menyenangkan, dan tidak monoton. Pemanfaatan fitur-fitur permainan yang disediakan oleh Wordwall, seperti kuis interaktif, mencocokkan pasangan, dan mencari kata, terbukti mampu menarik minat dan motivasi belajar peserta didik. Guru berperan aktif dalam merancang konten pembelajaran yang relevan dan sesuai dengan materi, sehingga siswa dapat memahami konsep-konsep dasar Al-Qur’an Hadis dengan lebih mudah. Dampak dari penggunaan media ini terlihat dari peningkatan signifikan pada hasil belajar peserta didik. Mereka menunjukkan pemahaman yang lebih baik terhadap materi, keaktifan yang meningkat di kelas, serta antusiasme yang tinggi dalam mengikuti setiap sesi pembelajaran. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa media digital Wordwall efektif digunakan sebagai media pembelajaran digital untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, khususnya pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas 1.
========================================================================================================================
This research aims to analyze the use of the digital media Wordwall in an effort to improve learning outcomes in the subject of Al-Qur'an Hadith for 1st grade students at MI Darun Najah Kloposepuluh Sukodono. The research method used is descriptive qualitative, where data is collected through observation, interviews, and documentation to obtain an in-depth and comprehensive overview. The results show that the application of Wordwall digital media in Al-Qur'an Hadith learning successfully created a more interactive, enjoyable, and non monotonous learning atmosphere. The use of the game features provided by Wordwall, such as interactive quizzes, matching pairs, and word searches, proved to be effective in attracting students' interest and motivation. Teachers played an active role in designing relevant and appropriate learning content, allowing students to understand the basic concepts of Al-Qur'an Hadith more easily. The impact of using this media is evident from a significant increase in student learning outcomes. They showed a better understanding of the material, increased activity in class, and high enthusiasm for every learning session. Thus, this research concludes that the digital media Wordwall is effectively used as a digital learning medium to improve student learning outcomes, especially in the subject of Al-Qur'an Hadith in the 1st grade.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Wordwall, Media Pembelajaran Digital, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadis. Keywords: Wordwall, Digital Learning Media, Learning Outcomes, Al-Qur’an Hadith |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakutas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 03:05 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 03:05 |
| URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/788 |

