Nur, Rochmatul Fatmaulidina (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI TERHADAP ANTUSIASME BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS PADA SISWA KELAS VI MI DARUN NAJAH KLOPOSEPULUH SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
PGMI_51422048_Nur Rochmatul Fatmaulidina_Pengaruh Media Pembelajaran Monopoli - Nur Rochmatul Fatmaulidina.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan dan pengaruh media pembelajaran monopoli terhadap antusiasme belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas VI MI Darun Najah Kloposepuluh Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen jenis one group pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan berupa angket antusiasme belajar yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran monopoli. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor antusiasme dari 59,47 menjadi 88,33 dengan penurunan standar deviasi dari 6,63 menjadi 2,57. Jumlah siswa dengan antusiasme tinggi meningkat dari 5 orang (19,7%) menjadi 9 orang (30%). Uji-t yang dilakukan melalui aplikasi SPSS 29 for Windows menunjukkan nilai signifikansi < 0,001. Hal ini menandakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara antusiasme belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media monopoli. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran monopoli berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan antusiasme belajar siswa pada mata pelajaran IPAS.
========================================================================================================================
This study aims to determine the use and influence of monopoly-based instructional media on student learning enthusiasm in the IPAS (Science and Social Studies) subject for sixth-grade students at M I Darun Najah Kloposepuluh, Sidoarjo. This research employed a quantitative approach using an experimental method with a one-group pretest-posttest design. The research subjects consisted ofall 30 sixth-grade students. The datawere collected using a learning enthusiasm questionnaire administered before and after the implementation of the monopoly media. The results showed an increase in the average enthusiasm score from 59.4 7 to 88.33, and a decrease in the Standard deviation from 6.63 to 2.57, indicating more consistent enthusiasm among students. The number of students with high enthusiasm rose from 5 (19.7%) to 9 (30%). The paired sample t-test analysis using SPSS 29 for Windows revealed a significance value of less than 0.001, indicating a significant difference between pretest and posttest scores. These findings suggest that the use of monopoly-based learning media significantly enhances students' enthusiasm in learning IPAS.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Media Monopoli, Antusiasme Belajar, IPAS, Siswa Kelas VI Keywords: Monopoly Media, Learning Enthusiasm, IPAS, Sixth-Grade Students |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakutas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 03:05 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 03:05 |
| URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/787 |

