ANALISIS METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DALAM MENINGKATKAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN IPAS KELAS 5 DI MINU KEDUNGCANGKRING JABON- SIDOARJO

Solikah (2025) ANALISIS METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DALAM MENINGKATKAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN IPAS KELAS 5 DI MINU KEDUNGCANGKRING JABON- SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of PGMI_51422043_Solikah_Analisis Metode Pembelajaran - Solikah.pdf] Text
PGMI_51422043_Solikah_Analisis Metode Pembelajaran - Solikah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode pembelajaran bermain peran (role playing) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas 5 di MINU Kedungcangkring Jabon Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 yang berjumlah 29 siswa, guru mata pelajaran IPAS, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode role playing pada pembelajaran IPAS dapat meningkatkan antusiasme, partisipasi aktif, dan pemahaman konsep siswa. Metode ini efektif dalam mengembangkan keterampilan komunikasi, kerjasama, dan berpikir kritis siswa. Faktor pendukung meliputi sarana prasarana yang memadai dan dukungan guru, sedangkan faktor penghambat adalah keterbatasan waktu dan perbedaan kemampuan siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran IPAS yang lebih inovatif dan menyenangkan.
========================================================================================================================
This study aims to analyze the effectiveness of the role-playing learning method in improving student learning outcomes in the 5th grade science subject at MINU Kedungcangkring Jabon Sidoarjo. The research method used is qualitative with a descriptive approach. The subjects of the study were 25 5th grade students, science subject teachers, and the principal. Data collection techniques were carried out through observation, in-depth interviews, and documentation. Data analysis used the Miles and Huberman model with the stages of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of the study indicate that the application of the role-playing method in science learning can increase students' enthusiasm, active participation, and conceptual understanding. This method is effective in developing students' communication, cooperation, and critical thinking skills. Supporting factors include adequate facilities and infrastructure and teacher support, while inhibiting factors are limited time and differences in student abilities. This study contributes to the development of more innovative and enjoyable science learning strategies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata lunci : Metode role playing, pembelajaran IPAS, hasil belajar Key words : Role playing method, science learning, learning outcomes
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakutas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 21 Nov 2025 02:05
Last Modified: 21 Nov 2025 02:05
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/785

Actions (login required)

View Item
View Item