Alvia, Herawati (2025) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN PKN MINU KEDUNGCANGKRING JABON. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
PGMI_51422042_Alvia Herawati_PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN PKN MINU KEDUNGCANGKRING JABON.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter peserta didik kelas III di MINU Kedungcangkring Jabon. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya peran lingkungan sekolah sebagai faktor eksternal dalam membentuk karakter anak usia sekolah dasar, terutama dalam hal disiplin, tanggung jawab, dan sikap sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket yang disebarkan kepada 87 siswa. Analisis data dilakukan menggunakan uji Paired Sample T-Test dengan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pengaruh lingkungan sekolah dengan pembentukan karakter siswa. Nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05) membuktikan bahwa lingkungan sekolah berpengaruh nyata terhadap karakter siswa. Selain itu, nilai korelasi sebesar 0,796 menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara kedua variabel. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa lingkungan sekolah memiliki kontribusi besar dalam membentuk karakter peserta didik.
========================================================================================================================
This study aims to determine the influence of the school environment on the character development of third-grade students at MINU Kedungcangkring Jabon. The background of this study is based on the important role of the school environment as an external factor in shaping the character of elementary school aged children, particularly in terms of discipline, responsibility, and social attitudes. This study used a quantitative approach with a correlational approach. Data collection was conducted through questionnaires distributed to 87 students. Data analysis was performed using a Paired Sample T-Test using SPSS 25. The results showed a significant difference between the influence of the school environment and student character development. A 2-tailed significance value (Sig.) of 0.000 (<0.05) proves that the school environment has a significant effect on student character. Furthermore, a correlation value of 0.796 indicates a strong relationship between the two variables. Thus, it can be concluded that the school environment plays a significant role in shaping student character.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Pembentukan Karakter, Peserta Didik, Sekolah Dasar Keywords: School Environment, Character Development, Students, Elementary School |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakutas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 03:06 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 03:06 |
| URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/784 |

