Mubarokatul, Jihadah (2025) PERAN GURU DALAM PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MATERI AL-BAITI DI KELAS IV MI DARUSSALAM JOGOSATRU SUKODONO SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
PGMI_51422037_Mubarokatul Jihadah_Peran Guru dalam penerapan media pembelajaran Audio Visual pada mata pelajaran Bahasa Arab materi Al baiti di kelas IV MI Darussalam Jogosatru Sukodono Sidoarjo - Mubarokatul Jihadah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Pembelajaran Bahasa Arab memiliki peran vital dalam pendidikan Islam, terutama dalam memahami Al-Qur’an. Namun, proses pembelajarannya di tingkat dasar masih menghadapi berbagai kendala, seperti kurangnya pemahaman siswa terhadap materi dan keterbatasan kreativitas guru dalam menyampaikan pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru dalam penerapan media pembelajaran audio visual pada materi “Al-Baiti” di kelas IV MI Darussalam Jogosatru Sukodono Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran sentral sebagai fasilitator, motivator, dan evaluator dalam penerapan media audio visual. Media yang digunakan berupa video, gambar rumah, dan presentasi power point yang dipadukan dengan narasi verbal. Kendala utama yang dihadapi guru meliputi sarana dan prasarana kurang memadai, keterbatasan penguasaan teknologi, minimnya media yang inovatif. Meski demikian, penggunaan media audio visual terbukti dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan guru dalam penggunaan media digital dan penyediaan sarana pembelajaran yang lebih representatif. Dengan demikian, pembelajaran Bahasa Arab dapat berlangsung secara menarik, kontekstual, dan lebih efektif.
========================================================================================================================
Arabic language learning plays a vital role in Islamic education, particularly in understanding the Qur’an. However, the learning process at the elementary level still faces various challenges, such as students’ lack of comprehension and teachers’ limited creativity in delivering lessons. This study aims to examine the role of teachers in implementing audio-visual learning media on the “Al-Baiti” topic in grade IV of MI Darussalam Jogosatru Sukodono Sidoarjo. This research adopts a descriptive qualitative approach with data collected through observation, interviews, and documentation. The results show that the teacher plays a central role as a facilitator, motivator, and evaluator in applying audio visual media. The media used include videos, house illustrations, and PowerPoint presentations combined with verbal narration. The main challenges faced by the teacher include limited technological skills, lack of innovative media, and students’ varied levels of understanding. Nevertheless, the use of audio-visual media has proven effective in increasing students’ interest and comprehension. This study recommends enhancing teacher training in digital media usage and providing more representative learning facilities. Hence, Arabic language learning can proceed in an engaging, contextual, and more effective manner.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: peran guru, media pembelajaran, audio visual, Bahasa Arab, Al-Baiti Keywords: teacher’s role, learning media, audio visual, Arabic language, Al-Baiti |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakutas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 03:08 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 03:08 |
| URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/781 |

