Thaufan, Falaki (2025) PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS 5 PADA MATA PELAJARAN IPAS DI MI AL HIDAYAH SUKODONO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
PGMI_51422036_Thaufan Falaki_Penggunaan Media Wordwall dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 5 pada Mata Pelajaran IPAS di MI Al Hidayah Sukodono - Thaufan Falaqi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Skripsi ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media wordwall dalam pembelajaran IPAS serta menganalisis minat belajar siswa setelah penerapan media wordwall pada siswa kelas 5 di MI Al Hidayah Sukodono. Latar belakang dari skripsi ini adalah kebutuhan akan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan minat dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subjek penelitian terdiri atas satu orang guru kelas V dan 25 siswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa penggunaan media wordwall dalam pembelajaran IPAS kelas 5 di MI Al Hidayah Sukodono berada pada kategori "Baik", dengan persentase kegiatan pembelajaran sebesar 75% berdasarkan hasil observasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa lebih fokus, antusias, dan aktif selama pembelajaran berlangsung. Temuan ini didukung dengan wawancara guru yang menyatakan bahwa wordwall mempermudah penyampaian materi dan meningkatkan keterlibatan siswa. Selain itu, hasil angket siswa menunjukkan rata rata persentase sebesar 86,13%, yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, menandakan bahwa media Wordwall memberikan dampak positif terhadap minat belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media wordwall efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS. Media ini dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang menarik dan relevan untuk diterapkan di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah.
========================================================================================================================
This thesis aims to describe the use of Wordwall media in IPAS (Integrated Science and Social Studies) learning and to analyze students’ learning interest after the implementation of Wordwall media among fifth-grade students at MI Al-Hidayah Sukodono. The background of this research stems from the need for creative and innovative learning media that utilize digital technology to enhance student interest and participation in the learning process. This research employed a qualitative approach with a descriptive method. Data were collected through observation, interviews, and documentation, with research subjects consisting of one fifth-grade teacher and 25 students. The results of the observation show that the use of Wordwall media in IPAS learning at MI Al-Hidayah Sukodono falls into the "Good" category, with a learning activity percentage of 75%. Students appeared more focused, enthusiastic, and actively engaged during the learning process. These findings are supported by teacher interviews, which stated that Wordwall facilitated the delivery of material and increased student involvement. Additionally, the results of the student questionnaire revealed an average percentage of 86.13%, which is categorized as "Very Good", indicating that Wordwall media had a positive impact on students’ learning interest. In conclusion, Wordwall media is effective in increasing the learning interest of fifth-grade students in IPAS subjects. This media can serve as an alternative teaching strategy that is engaging and relevant to be applied in the Madrasah Ibtidaiyah (Islamic elementary school) learning environment.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Media pembelajaran, wordwall, minat belajar, IPAS Keywords: Learning media, wordwall, learning interest, IPAS |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakutas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 03:08 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 03:08 |
| URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/780 |

