Ita, Dewi Sulastri (2025) EFEKTIVITAS MEDIA BIG BOOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS III MI DARUN NAJAH KLOPOSEPULUH. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
PGMI_51422035_Ita Dewi Sulastri_Efektivitas Media Big Book Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas III MI Darun Najah Kloposepuluh - Ita Dewi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Big Book dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas III MI Darun Najah Kloposepuluh. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-eksperimental, melibatkan dua kelompok yaitu eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan media Big Book, sedangkan kelompok kontrol menggunakan media konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data menggunakan uji t dan perhitungan efektivitas melalui nilai Cohen’s d. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol. Uji t menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 yang menandakan perbedaan yang berarti, sementara nilai Cohen’s d menunjukkan ukuran efek yang besar, yang mengindikasikan bahwa penggunaan Big Book efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Temuan ini menunjukkan bahwa media Big Book dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang menarik dan efektif untuk siswa sekolah dasar, khususnya dalam menyampaikan materi IPAS.
========================================================================================================================
This study aims to determine the effectiveness of the Big Book media in improving student learning outcomes in the IPAS subject for third-grade students at MI Darun Najah Kloposepuluh. The research employed a quantitative approach with a quasi-experimental design, involving two groups: experimental and control. The experimental group used the Big Book media, while the control group used conventional media. The research instrument consisted of learning outcome tests administered before and after the treatment. Data were analyzed using t-tests and the effectiveness was measured using Cohen’s d value. The results showed a significant increase in the learning outcomes of students in the experimental group compared to the control group. The t-test revealed a significance value of < 0.05, indicating a meaningful difference, while the Cohen’s d value indicated a large effect size, suggesting that the use of the Big Book was effective in improving learning outcomes. These findings suggest that Big Book media can serve as an engaging and effective alternative learning tool for elementary school students, especially in delivering IPAS material.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Big Book, hasil belajar, IPAS, quasi-eksperimental, siswa sekolah dasar. Keywords: Big Book, learning outcomes, IPAS, quasi-experimental, elementary students. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakutas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 03:09 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 03:09 |
| URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/779 |

