Nurul, Zubaidah (2025) IMPLEMENTASI MEDIA LAGU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL KOSA KATA PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MI AT-TAQWA KEBONAGUNG SUKODONO SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
PGMI_51422033_NurulZubaidah_Implementasimedialagu - Aida Nurul Zubaidah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media lagu dalam meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata Bahasa Arab siswa kelas IV MI At-Taqwa Kebonagung Sukodono Sidoarjo. Permasalahan yang dihadapi siswa adalah kesulitan dalam menghafal dan rendahnya minat terhadap pelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media lagu dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal kosa kata Bahasa Arab. Selain itu, media lagu juga mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, dan membantu siswa lebih mudah memahami serta mengingat materi. Dengan demikian, media lagu dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Arab.
========================================================================================================================
This study aims to describe the implementation of song-based media in improving Arabic vocabulary memorization skills among fourth-grade students at MI At Taqwa Kebonagung Sukodono Sidoarjo. The main problems faced by the students were difficulties in memorization and low interest in Arabic lessons. This research employed a qualitative approach using Classroom Action Research (CAR) consisting of two cycles. Each cycle included planning, action implementation, observation, and reflection. Data collection techniques involved observation, interviews, documentation, and tests. The results showed that the use of songs as a learning medium significantly improved students’ ability to memorize Arabic vocabulary. Moreover, songs created a fun learning environment, increased student engagement in the learning process, and helped students understand and remember the material more easily. Therefore, song-based media can serve as an effective alternative teaching strategy to enhance student learning outcomes in Arabic language subjects
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Media Lagu, Kosa Kata, Bahasa Arab, Pembelajaran, Siswa Sekolah Dasar Keywords: Song Media, Vocabulary, Arabic Language, Learning, Elementary School Students |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakutas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 03:09 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 03:09 |
| URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/777 |

