PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ASSEMBLR EDU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DIKELAS IV MI ISLAMIYAH KRAMAT JEGU TAMAN SIDOARJO

Mohammad, Ainur Rozi (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ASSEMBLR EDU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DIKELAS IV MI ISLAMIYAH KRAMAT JEGU TAMAN SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of PGMI_51422030_Mohammad Ainur Rozi_Pengaruh Media Pembelajaran Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Perubahan Wujud Benda Dikelas IV MI Islamiyah Kramat Jegu Taman Sidoarjo - Moh.pdf] Text
PGMI_51422030_Mohammad Ainur Rozi_Pengaruh Media Pembelajaran Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Perubahan Wujud Benda Dikelas IV MI Islamiyah Kramat Jegu Taman Sidoarjo - Moh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Assemblr terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi perubahan wujud benda di kelas IV MI Islamiyah Kramat Jegu Taman Sidoarjo. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experiment. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes (pre-test dan post-test). Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media Assemblr dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil uji-t menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan pada pre-test kedua kelompok, namun terdapat perbedaan signifikan pada hasil post-test dengan signifikansi 0,036 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa media Assemblr efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, observasi menunjukkan keaktifan belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media Assemblr dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPAS, khususnya pada materi perubahan wujud benda.
========================================================================================================================
This study aims to determine the effect of using Assemblr as an instructional media on students’ learning outcomes in the IPAS subject, specifically on the topic of changes in the state of matter, for fourth-grade students at MI Islamiyah Kramat Jegu, Taman Sidoarjo. The research employed a quantitative approach with a quasi experimental design. Data were collected through observation and tests (pre-test and post-test). The subjects consisted of two classes: the experimental class using Assemblr and the control class using conventional teaching methods. The t-test results showed no significant difference in pre-test scores between the two groups, but a significant difference in post-test results (significance value = 0.036 < 0.05), indicating the effectiveness of Assemblr in improving student learning outcomes. Observational data also revealed increased student engagement during the learning process. The study concludes that the use of Assemblr media enhances both learning outcomes and student engagement in IPAS learning, especially in understanding the concept of changes in the state of matter.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Pembelajaran, Assemblr, Hasil Belajar, IPAS, Perubahan Wujud Benda. Keywords: Instructional Media, Assemblr, Learning Outcomes, IPAS, Change of State of Matter.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakutas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 21 Nov 2025 03:10
Last Modified: 21 Nov 2025 03:10
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/776

Actions (login required)

View Item
View Item