Dewi, Ratna Indrasari (2025) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA KELAS I DI MI ISLAMIYAH SIDOARJO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
PGMI_51422027_Dewi Ratna Indrasari_Implementasi Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Kelas I Di MI Islamiyah Sidoarjo - islamiyah kramatjegu.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar Matematika siswa kelas I MI Islamiyah Sidoarjo melalui penggunaan media pembelajaran berbasis Canva. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini berangkat dari rendahnya minat belajar siswa pada materi pengurangan hingga 10, yang ditandai dengan kurangnya perhatian, motivasi, dan hasil belajar yang belum optimal. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang belum disesuaikan dengan karakteristik perkembangan anak usia dini, serta kurangnya media visual yang menarik dan mendukung proses pemahaman konsep abstrak seperti pengurangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 32 siswa kelas I. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan aplikasi Canva, yang berisi animasi sederhana, gambar konkret, dan ilustrasi yang relevan dengan kehidupan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Canva berdampak positif terhadap peningkatan minat belajar siswa. Siswa menjadi lebih fokus, antusias, dan aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Selain itu, terdapat peningkatan hasil belajar secara signifikan, dari rata-rata nilai 78,5 sebelum penggunaan media Canva menjadi 85,8 setelah media diterapkan. Guru juga menyampaikan bahwa media Canva mempermudah penyampaian materi dan menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan serta efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Canva efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas I, khususnya dalam menyampaikan materi pengurangan. Penggunaan media ini tidak hanya meningkatkan hasil belajar, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermakna bagi siswa.
========================================================================================================================
This study aims to improve the learning interest and mathematics achievement of first-grade students at MI Islamiyah Sidoarjo through the use of Canva-based instructional media. The problem addressed in this research stems from the students' low interest in learning subtraction up to 10, which was characterized by a lack of attention, low motivation, and unsatisfactory learning outcomes. This condition was caused by conventional teaching methods that did not match the developmental characteristics of young children and the absence of engaging visual media to help students understand abstract concepts such as subtraction. This research employed a descriptive qualitative approach involving 32 first-grade students as research subjects. Data were collected through observation, interviews, documentation, and learning outcome tests. The instructional media was developed using Canva, featuring simple animations, concrete images, and illustrations relevant to students’ daily experiences. The results showed that using Canva media had a positive impact on increasing students' interest in learning. Students became more focused, enthusiastic, and active during the learning process. In addition, there was a significant improvement in learning outcomes, with the average score rising from 78.5 before using Canva to 85.8 after its implementation. Teachers also reported that Canva media made it easier to deliver lessons and created a more enjoyable and effective learning environment. It can be concluded that Canva-based instructional media is effective in teaching mathematics to first-grade students, particularly in delivering subtraction material. The use of this media not only enhances learning outcomes but also provides a more engaging and meaningful learning experience for students.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Media Canva, Minat Belajar, Hasil Belajar, Matematika Keywords: Canva Media, Learning Interest, Learning Outcomes, Mathematics |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakutas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 03:11 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 03:11 |
| URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/774 |

