PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI MI AT-TAQWA KEBONAGUNG

Fitriyanti (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI MI AT-TAQWA KEBONAGUNG. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

[thumbnail of PGMI_51422025_Fitriyanti_PengaruhPenggunaanMediaAugmentedRealityTerhadapHasilBelajarSiswaKelas5diMiAtTaqwaKebonagung - Fitri Yanti.pdf] Text
PGMI_51422025_Fitriyanti_PengaruhPenggunaanMediaAugmentedRealityTerhadapHasilBelajarSiswaKelas5diMiAtTaqwaKebonagung - Fitri Yanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Augmented Reality (AR) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V di MI AT-TAQWA Kebonagung. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang kurang menarik dan tidak interaktif. Media Augmented Reality (AR) hadir sebagai solusi inovatif yang menggabungkan elemen dunia nyata dan virtual dalam bentuk visual tiga dimensi untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi experiment, yaitu pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media Augmented Reality (AR) dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen pengumpulan data meliputi tes hasil belajar, observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa terhadap media Augmented Reality (AR). Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji-t menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 90,11, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang sebesar 71,75. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, yang berarti Ha diterima. Selain itu, hasil observasi dan angket menunjukkan bahwa siswa lebih aktif, antusias, dan memahami materi dengan lebih baik saat menggunakan media Augmented Reality (AR). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Augmented Reality (AR) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V di MI AT-TAQWA Kebonagung.
========================================================================================================================
This study aims to determine the effect of using Augmented Reality (AR) media on student learning outcomes in the IPAS subject for fifth-grade students at MI AT-TAQWA Kebonagung. The background of this research is the low student learning outcomes caused by conventional learning methods that are less engaging and not interactive. Augmented Reality (AR) serves as an innovative solution that integrates real and virtual elements in the form of three-dimensional visuals to enhance students' understanding and engagement in learning. This research employed a quantitative method with a quasi-experimental design, specifically a pretest-posttest control group design. The sample consisted of two classes: the experimental class, which used Augmented Reality (AR) media, and the control class, which used conventional methods. Data collection instruments included learning outcome tests, student activity observation sheets, and student response questionnaires regarding the Augmented Reality (AR) media. Data were analyzed using normality tests, homogeneity tests, and t-tests with SPSS version 25. The results showed a significant difference between the learning outcomes of students in the experimental class and the control class. The average posttest score of the experimental class was 90.11, higher than the control class average of 71.75. The t-test result showed a significance value of 0.000 < 0.05, indicating that the alternative hypothesis was accepted. Moreover, observations and questionnaires revealed that students were more active, enthusiastic, and better understood the material when using Augmented Reality (AR) media. In conclusion, the use of Augmented Reality (AR) media has a significant effect on the learning outcomes of fifth-grade students in the IPAS subject at MI AT-TAQWA Kebonagung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Augmented Reality (AR), Hasil Belajar, IPAS, Media Pembelajaran, Siswa SD/MI Keywords: Augmented Reality (AR), Learning Outcomes, IPAS, Educational Media, Elementary School Students/Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakutas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UNUSIDA
Date Deposited: 21 Nov 2025 03:14
Last Modified: 21 Nov 2025 03:14
URI: http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/772

Actions (login required)

View Item
View Item