Yuni, Pratiwi (2025) PENGGUNAAN MEDIA RODA PINTAR PADA MATERI BANGUN DATAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MI DARUN NAJAH KLOPOSEPULUH SUKODONO. Sarjana thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
PGMI_51422020_YUNI PRATIWI_PENGGUNAAN MEDIA RODA PADA MATERI BANGUN DATAR MATA PALAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MI DARUN NAJAH KLOPOSEPULUH SUKODONO - YUNI PRATIWI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini mengkaji dampak penggunaan media Roda Pintar terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar mata pelajaran Matematika kelas V. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa materi bangun datar mata pelajaran Matematika yang bersifat abstrak dan kurang menarik. Metode yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan desain one group pretest- posttest. Subjek penelitian ini adalah kelas VB. Instrumen yang digunakan meliputi tes. Hasil dari penelitian menunjukan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa setelah menggunakan media Roda Pintar. Media ini mampu memberikan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, dan mudah dipahami. Dengan demikian, penggunaan media Roda Pintar terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media pembelajaran inovatif sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika.
========================================================================================================================
This study examines the impact of using the Roda Pintar (Smart Wheel) media on students’ learning outcomes in the topic of two dimensional shapes in fifth-grade Mathematics. The background of the study is the low learning outcomes of student in this topic, which is often abstrack and less enganging. The research method employed is a quantitative experimental design with a one-group pretest-posttest model. The research subjects were students of class VB. The instrument used in this study was a test. The results showed a significant improvement in students’ learning outcomes after the use of the Roda Pintar media. This media provided an interactive, enjoyable, and easy-to-understand learning experience. Therefore, the use of Roda Pintar has proven to be effective in enhancing student learning outcomes in the topic of two-dimensional shapes. The study recommends the use of innovative intructional media as a strategy to improve the quality of mathematics learning.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Media Roda Pintar, Bangun Datar, Hasil Belajar Matematika Keywords: Roda Pintar, Plane Figures, Learning Interest, Mathematics Learning Outcomes |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakutas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Perpustakaan UNUSIDA |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 03:16 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 03:16 |
| URI: | http://digilib.repository.unusida.ac.id/id/eprint/770 |

